Blog ini tidak dibuat oleh seorang Saksi Yehuwa. Blog ini membahas ajaran Saksi Yehuwa dengan menggunakan publikasi dan Alkitab. Ditujukan kepada siapa saja yang berhati tulus dan ingin memeriksa kebenaran pengajaran Saksi Yehuwa.

Sabtu, 15 Mei 2010

1975: Kesalahan penafsiran Saksi atau kesalahan Badan Pimpinan?

Dalam diskusi di sebuah forum, seorang Saksi mengatakan bahwa Badan Pimpinan tidak pernah menubuatkan 1975 sebagai hari terakhir atau hari datangnya Armageddon. Dikatakan bahwa angka “1975” adalah hasil salah paham atau salah pengharapan oleh Saksi-saksi Yehuwa pada masa itu. Apakah benar demikian?

Sebelumnya, mari kita cari tahu apa yang sebenarnya diajarkan Lembaga mengenai tahun ini. Lembaga mengajarkan bahwa manusia diciptakan pada tahun 4.026 SM dan karena sejarah manusia hanya akan bertahan selama 6.000 tahun, maka 4.026 SM ditambah 6.000 tahun, jatuh pada tahun 1975. Ketika tiba hari itu, maka Setan tidak akan menganggu manusia lagi.

w67 7/15 pp. 446-447 The Removal of Mankind’s Chief Disturber

According to the Bible timetable, man’s history on earth has been nearly 6,000 years. Adam was created in 4026 B.C.E., which means that six thousand years of human history end about the fall of 1975 C.E. We are in the great 7,000-year rest day of God, starting at the time he rested after the creation of Adam and Eve. There are, therefore, a thousand years left to run. Without Satan and his demons to disturb mankind it will indeed be a restful time. It will be like a sabbath.


Franz, Wakil Presiden Menara Pengawal, menjelaskan bahwa ketika hari itu datang, umat manusia akan kelaparan hingga mati, keracunan polusi, dan dihancurkan senjata nuklir.

w75 5/1 p. 285 A Contrast—Missionaries with an Urgent, Lifesaving Work

… F. W. Franz, the Society’s vice-president, … “the human species [is] about to starve itself to death,” as well as its being faced with poisoning by pollution and destruction by nuclear weapons.


Lebih jelasnya, pada hari itu, Allah akan menghukum yang fasik dan memulai Kerajaan Seribu tahun.

w67 5/1 p. 262 Where Are We According to God’s Timetable?

Interestingly, the autumn of the year 1975 marks the end of 6,000 years of human experience…. Will it be the time when God executes the wicked and starts off the thousand-year reign of his Son Jesus Christ? It very well could, but we will have to wait to see... we are in the closing days of a wicked system of things that will soon be gone forever. A glorious new order is immediately before us.


Apakah angka “1975” adalah angka yang pasti? Ya

w67 5/1 p. 262 Where Are We According to God’s Timetable?

Interestingly, the autumn of the year 1975 marks the end of 6,000 years of human experience


Tetapi ketika tahun 1975 datang dan berlalu, dan semua orang mempertanyakan nubuatan Menara Pengawal ini, bagaimana Lembaga menjawabnya?

Lembaga pada tahun 1976 (tepat satu tahun setelah tahun 1975) mengatakan bahwa tidak disarankan untuk kita memegang kepercayaan akan tanggal-tanggal tertentu dan jika tidak terjadi, itu bukan karena Alkitab yang salah (padahal sebenarnya yang memberikan nubuat yang salah), tetapi para anggota yang memiliki pemahaman berdasarkan premis yang salah.

w76 7/15 p. 441 par. 15 A Solid Basis for Confidence

But it is not advisable for us to set our sights on a certain date, neglecting everyday things we would ordinarily care for as Christians, such as things that we and our families really need. We may be forgetting that, when the “day” comes, it will not change the principle that Christians must at all times take care of all their responsibilities. If anyone has been disappointed through not following this line of thought, he should now concentrate on adjusting his viewpoint, seeing that it was not the word of God that failed or deceived him and brought disappointment, but that his own understanding was based on wrong premises.


Sungguh jawaban yang tidak bertanggung jawab. Ketika mengatakan agar kita jangan memegang tanggal tertentu (misalkan tahun 1975), seakan Lembaga lupa bahwa berkali-kali Lembaga sendiri mengajarkan bahwa 1975 adalah akhir sejahat manusia.

Lebih tidak bertanggung jawab lagi ketika Lembaga menuduh para anggota bahwa mereka memiliki pemahaman yang keliru. Bukankah Saksi-saksi secara total hanya tunduk dan mengikuti instruksi dan pengajaran Menara Pengawal? Premis apa yang salah, padahal dengan amat jelas Organisasi menggunakan angka “1975”?

Apakah cara menjawab seperti ini membuktikan bahwa Organisasi cukup rendah hati untuk mengakui kesalahannya?

4 komentar:

SaksiYehuwa mengatakan...

*** Mengenai tahun 1975 ***
Saksi-Saksi telah lama mempercayai bahwa Pemerintahan Seribu Tahun Kristus akan terjadi setelah 6.000 tahun sejarah manusia. Akan tetapi, kapankah 6.000 tahun keberadaan manusia akan berakhir? Buku Life Everlasting—In Freedom of the Sons of God (Hidup Selama-lamanya—Dalam Kemerdekaan Putra-Putra Allah), yang diperkenalkan pada suatu rangkaian pesta distrik yang diadakan pada tahun 1966, menunjuk kepada tahun 1975. Pada kebaktian itu juga, seraya saudara-saudara memeriksa isinya, buku baru itu mencetuskan banyak pembahasan mengenai tahun 1975.
Pada kebaktian yang diadakan di Baltimore, Maryland, F. W. Franz (Anggota Badan Pimpinan Jehovah Witnesses) menyampaikan khotbah penutup. Ia memulainya dengan mengatakan, ”Tatkala saya bersiap-siap naik panggung, seorang muda menghampiri saya dan berkata, ’Katakan, apa yang dimaksud dengan tahun 1975 ini?’” Saudara Franz kemudian menyinggung mengenai banyak pertanyaan yang muncul tentang apakah keterangan dalam buku baru itu memaksudkan bahwa pada tahun 1975, Armagedon akan sudah selesai, dan Setan akan diikat. Secara singkat, ia menyatakan, ’Bisa saja. Namun kami tidak mengatakannya. Segala sesuatu mungkin bagi Allah. Namun kami tidak mengatakannya. Dan janganlah ada seorang pun di antara saudara secara spesifik mengatakan apa pun yang akan terjadi mulai dari sekarang hingga tahun 1975. Tetapi, pokok penting dari semua ini ialah, teman-teman yang kami kasihi: Waktu sudah singkat. Waktu hampir habis, itu sudah pasti.’
Pada tahun-tahun sesudah tahun 1966, banyak dari Saksi-Saksi Yehuwa bertindak selaras dengan semangat dari nasihat itu. Akan tetapi, pernyataan-pernyataan lain mengenai pokok ini diterbitkan, dan beberapa pernyataan mungkin lebih tegas daripada menasihati. Hal ini diakui pada terbitan Menara Pengawal No. 39 (halaman 7) (15 Maret 1980, dalam bahasa Inggris). Tetapi Saksi-Saksi Yehuwa juga dinasihati agar berkonsentrasi terutama pada hal melakukan kehendak Yehuwa dan jangan terpengaruh oleh tanggal-tanggal dan penantian akan keselamatan yang lebih dini.

Intinya Menara Pengawal (Watchtower) tidak pernah mengatakan Armageddon itu datang tahun 1975.

saksiyehuwa mengatakan...

Terima kasih untuk risetnya:

Saudara mengatakan, “Intinya Menara Pengawal (Watchtower) tidak pernah mengatakan Armageddon itu datang tahun 1975.” Dengan penuh hormat, saya ingin membahas kalimat Saudara dengan menyoroti dua kalimat tersebut.

Pertama, mengenai 1975, “Armagedon akan sudah selesai, dan Setan akan diikat”, FW Franz mengatakan “BISA SAJA. Namun kami tidak mengatakannya”.

Saya pribadi merasa agak ganjil di sini. Jika Menara Pengawal tak percaya bahwa 1975 akan terjadi hal-hal itu, kenapa masih dijawab “Bisa saja.”?

Kedua, “Bisa saja. NAMUN KAMI TIDAK MENGATAKANNYA”. Yakin Menara Pengawal tidak pernah mengatakannya?

Padahal pada buku yang sama, dicantumkan bagan yang menunjukkan akhir keberadaan manusia itu tahun 1975:

“To give aid today in this critical time to prospective sons of God,” announced President Knorr, “a new book in English, entitled ‘Life Everlasting—in Freedom of the Sons of God,’ has been published.” At all assembly points where it was released, the book was received enthusiastically. Crowds gathered around stands and soon supplies of the book were depleted. Immediately its contents were examined. It did not take the brothers very long to find the chart beginning on page 31, showing that 6,000 years of man’s existence END IN 1975.” (*** w66 10/15 pp. 628-629 Rejoicing over “God’s Sons of Liberty” Spiritual Feast ***)

Kutipan yang Saudara berikan menceritakan tentang wawancara pada tahun 1966. Tetapi coba kita perhatikan salah satu contoh publikasi pada tahun-tahun setelahnya:

“That means, in the fall of the year 1975, a little over seven years from now (and not in 1997 as would be the case if Ussher’s figures were correct), it will be 6,000 years since the creation of Adam, the father of all mankind!” (*** w68 8/15 p. 499 par. 29 Why Are You Looking Forward to 1975? ***)

“Interestingly, the autumn of the year 1975 marks the end of 6,000 years of HUMAN EXPERIENCE. This is ascertainable from reliable chronology preserved in the Bible itself. What will that year mean for humankind? Will it be the time when God executes the wicked and starts off the thousand-year reign of his Son Jesus Christ? It very well could, but we will have to wait to see. Yet of this we can be certain: the generation that Jesus said would witness those events is nearing its close. The time is close at hand. On God’s “timetable” we are in the closing days of a wicked system of things that will soon be gone forever. A glorious new order is immediately before us.” (*** w67 5/1 p. 262 Where Are We According to God’s Timetable? ***)

Apakah ini berarti setelah perkataan FW Franz pada 1966, Menara Pengawal merubah kepercayaannya?

Jadi, sebenarnya Menara Pengawal mengajarkannya. Dari bukti riset yang Saudara ajukan, jelas terlihat bahwa ada pertentangan bahkan dalam publikasi sendiri.
Mohon dikoreksi jika saya salah. Terima kasih untuk pertanyaannya. Saya sangat hargai itu.


Nb: jika memang konsisten berkata “Dan janganlah ada seorang pun di antara saudara secara spesifik mengatakan apa pun yang akan terjadi mulai dari sekarang hingga tahun 1975. Tetapi, pokok penting dari semua ini ialah, teman-teman yang kami kasihi: Waktu sudah singkat. Waktu hampir habis, itu sudah pasti.’”, mengapa organisasi tetap saja mengajukan tahun 1975?

Anonim mengatakan...

Wah, saya mau komentar bagian mana ya. Saya rasa sejak awal Badan Pimpinan SSY, sudah tahu bahwa hari itu datang seperti kedatangan pencuri. Jadi tak seorangpun tahu, tepatnya kapan. Dan sampai sekarang kayaknya mereka juga tidak ada yang tahu seorangpun.

Saya ambil contoh, (ini hanya contoh)dikatakan tgl 21.12.2012 akan datang kiamat. Trus ada yang bilang lagi di 2028, terserah mereka sih mau bilang kapan, dan intinya itu tanggal dimasa depan. kecuali besok 21.12.2012 tidak terjadi apa2, maka tanggal itu lewat...

Bagi SSY, jika ditanya apakah mereka percaya bahwa pada tanggal2 yg disebutkan itu akan terjadi armagedon, mereka bisa menjawab "bisa saja", sebab tanggal yang diberikan adalah tanggal2 penantian. Artinya jika anda berasumsi 13.13.2012 juga kiamat, jawabnya "bisa saja",bukan?

Kami rasa, karena anda sudah menyudutkan ajaran saksilah maka anda tidak dapat berpikir sederhana seperti itu.

Baca 2 cerita berikut:

Cerita 1. Jamnya sudah larut, bagi SSY saat inilah berjaga-jaga penuh. Mereka mengantuk tapi tetap tidak mau tidur, karena waktunya sedikit lagi. Mereka tetap berjaga, bahkan ada suara sedikit diluar, langsung mereka pikir "itu malingnya...!!!" ketika dilihat, dan ternyata hanya sepotong papan yang jatuh diluar, bukan maling. Dan hal itu terjadi beberapa kali. Mereka kesal dan tidur saja. (Ini contoh orang yang keluar dari SSY karena kecewa apa yg dia harapkan tidak datang sesuai pikirannya)

Cerita 2. Jamnya sudah larut, bagi SSY saat inilah berjaga-jaga penuh. Mereka mengantuk tapi tetap tidak mau tidur, karena waktunya sedikit lagi. Mereka tetap berjaga, bahkan ada suara sedikit diluar, langsung mereka pikir "itu malingnya...!!!" ketika dilihat, dan ternyata hanya sepotong papan yang jatuh diluar, bukan maling. Dan hal itu terjadi beberapa kali. Mereka tetap berjaga-jaga. Yang lain boleh jadi tertidur (karena alasan mengantuk, ini bagi mereka yang menyerah karena tersandung oleh hal-hal sepele, atau karena kurang mengerti ajaran SSY, atau melakukan dosa serius).

Badan Pimpinan mungkin di cemooh karena mereka berjaga-jaga. Namun mereka melakukan itu karena desakan Alkitab. Jika Orang lain tidak mau mendengar desakan mereka untuk berjaga-jaga, Ya, silahkan tidur. Mereka hanya bisa memperingatkan SSY agar tetap terjaga. Mereka bukan pribadi yang akan menjadi Penyelamat SSY, itu kembali kepada pribadi2 SSY sendiri.

Saya tidak perlu menunjukkan salah pada artikel anda, karena apapun yang dikomentari oleh SSY kepada anda, toh tetap mental. Anda punya penilaian sendiri. Dan ingat pula SSY punya penilaian sendiri thd Anda, tapi mereka mungkin memilih untuk diam saja.

Intinya SSY tidak perlu mencari "salah siapa" tentang 1975, mereka yang setia terbukti adalah orang yang tetap berjaga-jaga. Bagi SSY yang hidup sebelum 1975, boleh jadi berpikir tahun itulah armagedon, namun jika dia masih hidup setelah tahun itu, mereka akan menantikan hari-hari yang akan datang. Uh... maaf mungkin terlalu panjang ya, komentarnya. Makasih ya.

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Sdr,

sudah saya bahas tersendiri komentar Sdr di http://www.saksiyehuwa.org/2013/04/badan-pimpinan-menganjurkan-untuk.html

kiranya dapat menjawab

salam,
MKSY