Blog ini tidak dibuat oleh seorang Saksi Yehuwa. Blog ini membahas ajaran Saksi Yehuwa dengan menggunakan publikasi dan Alkitab. Ditujukan kepada siapa saja yang berhati tulus dan ingin memeriksa kebenaran pengajaran Saksi Yehuwa.

Sabtu, 07 Agustus 2010

Ketakjujuran Menara Pengawal mengenai Tritunggal dan Nama Allah: Bapak saja?

“Nah, menurut teologia Trinitas, Yahweh, atau Yehuwa, adalah nama dari Allah para datuk Ibrani dan orang-orang Yahudi, Allah yang dinyatakan Yesus sebagai ”Bapa”, atau ”Allah Bapa”. Maka kesimpulannya ialah bahwa bagi para penganut Trinitas nama ilahi Yahweh, atau Yehuwa, menunjuk kepada hanya satu dari apa yang dianggap ”Tiga Pribadi” dari ”Ketuhanan”. ”Pribadi Kedua” mempunyai nama (Yesus), tetapi ”Pribadi Ketiga” adalah ”Roh Kudus” yang tanpa nama. Gereja-gereja Susunan Kristen secara logis tidak dapat menggunakan sebuah nama untuk Allah yang tidak menunjuk kepada seluruh ”Ketuhanan”. Jadi anggota-anggota mereka sudah ”dihukum” harus menyembah suatu Allah tiga serangkai yang misterius dan tidak mempunyai nama.” (*** w85 s-10 hlm. 27-28 ”Kami Menyembah Apa yang Kami Kenal” ***)

Ternyata, penjelasan Menara Pengawal benar-benar menipu. Apakah saya hanya asal tuduh?

Pertama, Tritunggal mengajarkan ”… ada tiga Pribadi ilahi (Bapak, Putra, Roh Kudus).. tetapi semuanya adalah satu Allah.” (*** rs hlm. 392 Tritunggal ***)

Kedua, "nama Allah adalah Yehuwa." (*** w08 1/2 hlm. 16 Tentang Allah yang Benar ***)

Ketiga, karena ada tiga pribadi yang berbeda dalam satu Allah, dan nama Allah adalah Yehuwa, jadi dapat kita katakan, “ada tiga pribadi yang berbeda dalam satu Yehuwa.”

Jadi, menurut Tritunggal, Yehuwa tidak menunjuk kepada Bapak saja, tetapi juga ke Yesus dan Roh Kudus.

Apakah Saudara merasa mendengar hal yang baru? Saya dapat memaklumi demikian, karena Menara Pengawal mengatakan bahwa dalam Tritunggal itu ada "Yehuwa, Yesus, dan roh kudus..." (*** km 10/96 hlm. 5 Rencana Sekolah Pelayanan Teokratis 1997 ***).

Padahal setelah kita pelajari tadi, yang benar adalah “Bapak, Yesus, dan Roh Kudus [dalam satu Yehuwa]”, bukannya “ Yehuwa, Yesus dan Roh Kudus”

Apakah "pukulan yang paling menghancurkan atas Tritunggal"? Menara Pengawal menjawab, "gambaran Alkitab sendiri mengenai Allah, Yesus, dan roh kudus yang membuat ketiga-tiganya tidak mungkin menjadi anggota tritunggal manapun. " (*** g88 No. 28 hlm. 31 Pengikut-Pengikut Socinus—Mengapa Mereka Menolak Tritunggal? ***). Apa? “Allah, Yesus, dan roh kudus”? Lagi-lagi Menara Pengawal salah lagi memberikan definisi Tritunggal.

Akan tetapi, saya tidak sependapat dengan Menara Pengawal pada kutipan di atas, karena menurut saya, justru tindakan berbohong mengenai Tritunggal-lah yang merupakan “pukulan yang paling menghancurkan” kepada Menara Pengawal. Bagaimana menurut Saudara?

8 komentar:

SaksiYehuwa mengatakan...

Halo Blogger yang tidak menerima Tritunggal bukan hanya Saksi Yehuwa tetapi ada beberapa kristen yang lain.

lihat http://www.thechristadelphians.org/forums/index.php?showforum=16

lihat
http://www.quotedstatements.com/bible-files/trinity.htm

lihat
http://www.quotedstatements.com/bible-files/trinitychart.htm

Makanya kalau riset tritunggal jangan pakai satu terjemahan.

tanya donk ke Mbah Google.

Salam

saksiyehuwa mengatakan...

Terima kasih untuk masukannya. Ya, memang tidak hanya Saksi saja yang menolak Tritunggal dan.... saya tidak pernah mengatakan bahwa hanya Saksi saja yang menolak Tritunggal..

Yang saya soroti dalam tulisan saya ini adalah makna Tritunggal yang diselewengkan Menara Pengawal. Publikasi mempresentasikan Tritunggal dengan semena-mena, yang tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya diajarkan Tritunggal.

Saya tidak pernah mengatakan bahwa hanya Saksi Yehuwa saja yang menolak Tritunggal.

CCTVStyle mengatakan...

Penulis blogger ini mungkin seorang pengecut kelas berat, jadi mohon para pengunjung di mohon untuk memilah info dari penulis yang jelas identitasnya. salam

saksiyehuwa mengatakan...

setiap orang bisa menuduh "si X penipu, "si X pengecut", "si X adalah antek-antek Setan".... tetapi yang bijaksana adalah mereka yang tidak hanya menuduh, tapi membuktikannya.

bukankah Yesus juga dituduh yang macam-macam, bahkan dituduh kuasa-Nya berasal dari Setan?

Anonim mengatakan...

Penulis blog ini tidak mempunyai fakta sejarah yg kongkrit...jd beljarlah alkitab dibarengi dengan sejarah..... bukan 1 terjemhan saja tp fakta sejarah kapan tritunggal di cetuskan....

Anonim mengatakan...

SEBUAH publikasi Protestan berkata, ”Kata Tritunggal tidak terdapat dalam Alkitab . . . Ia baru mendapat tempat secara resmi dalam teologi gereja pada abad ke-4.” (The Illustrated Bible Dictionary) Dan seorang yang berwewenang dalam agama Katolik mengatakan bahwa Tritunggal ”bukanlah . . . secara langsung firman dari Allah”.—New Catholic Encyclopedia.
The Catholic Encyclopedia juga mengomentari, ”Dalam Alkitab belum terdapat satu istilah pun untuk menyatakan ke-Tiga Pribadi Ilahi tersebut secara bersama. Kata τρίας [tri′as] (asal kata dari trinitas bahasa Latin) mula-mula ditemukan dalam [tulisan] Teofilus dari Antiokhia kira-kira tahun 180 M. . . . Tidak lama kemudian itu muncul dalam bentuk Latinnya trinitas dalam [tulisan] Tertullian.”
Namun, hal ini sendiri tidak membuktikan bahwa Tertullian mengajarkan Tritunggal. Karya tulis Katolik Trinitas—A Theological Encyclopedia of the Holy Trinity misalnya, menyatakan bahwa beberapa dari kata-kata Tertullian belakangan digunakan oleh orang-orang lain untuk menjelaskan Tritunggal. Kemudian ia memperingatkan, ”Tetapi kesimpulan yang tergesa-gesa tidak dapat diambil hanya berdasarkan pemakaian, karena ia tidak menerapkan kata-kata tersebut untuk teologi Tritunggal

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Sdr Anonim,

semoga tinjauan dari sisi sejarah berikut dapat membantu

http://www.saksiyehuwa.org/2011/01/baru-ada-pada-tahun-325.html

http://www.saksiyehuwa.org/2011/01/hasil-turut-campur-kaisar-kafir.html

salam,
MKSY

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Sdr, 24 Januari 2013 19.03

beberapa bagian dari kutipan Sdr sudah pernah dibahas. silakan membaca daftar isi blog ini di http://www.saksiyehuwa.org/2011/02/daftar-hasil-riset_23.html

terima kasih

Salam,
MKSY