Blog ini tidak dibuat oleh seorang Saksi Yehuwa. Blog ini membahas ajaran Saksi Yehuwa dengan menggunakan publikasi dan Alkitab. Ditujukan kepada siapa saja yang berhati tulus dan ingin memeriksa kebenaran pengajaran Saksi Yehuwa.

Minggu, 29 Agustus 2010

Siapakah saya?

Hampir semua Saksi yang saya kenal di internet menanyakan siapa saya. tentu saja ini tidak salah, malah sangat wajar. kali ini saya akn meluruskan beberapa kekeliruan tentang saya, agar tidak ada yang salah paham dan berpikir buruk tentang saya.

pertama, saya bukanlah seorang mantan Saksi Yehuwa. dalam hidup saya, tidak pernah menjadi Saksi Yehuwa. saya tidak mengatakan lebih dari ini, karena ini tergantung dari apakah Saudara percaya kepada saya atau tidak.

kedua, saya membuat blog ini bukan karena saya dikecewakan/ sakit hati dengan Saksi. saya pada awal membuat blog ini, sama sekali dengan niatan saya ingin mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan saya dan membagikan hasil riset saya. setelah saya berdiskusi dengan beberapa Saksi, ada Saksi yang merendahkan dan menghina saya, tetapiptut diperhatikan bahwa karena "saya membuat blog, maka saya dikecewakan", bukannya "saya dikecewakan, makanya saya membuat blog".. lagipula, saya tidak akan menuduh bahwa ajaran Saksi salah, karena orangnya jahat-jahat sama saya. saya sadari bahwa tingkat kerohanian tiap orang berbeda-beda.

ketiga, saya menutup identitas diri saya karena saya tidak mau nama saya menjadi tidak baik di kalangan Saksi. makanya saya kadang menggunakan nama/id samaran saja. banyak yang mengatakan, "jika memang kamu tulus, mengapa kamu tutupi identitasmu?" saya sebenarnya ingin sekali membuka identitas saya agar semuanya jelas, tetapi saya tidak ingin nama saya dijelek-jelekkan di kalangan Saksi Yehuwa. apalagi saya memiliki teman-teman Saksi, saya tentunya ingin menjaga hubungan baik saya dengan mereka. harap dimaklumi soal ini.

keempat, saya dulunya adalah seorang peminat, tetapi setelah saya memeriksa ajaran yang diajarkan Menara Pengawal dan mempelajari daftar panjang sejarah Menara Pengawal, saya kemudian sampai pada kesimpulan bahwa Menara Pengawal bukanlah organisasi yang jujur. mungkin ada dari Saudara yang mengatakan, "kalau kamu sudah sampai pada kesimpulan itu, untuk apa menjelek-jelekkan ajaran kami?"

berikut jawaban saya:
1. saya tidak menjelek-jelekkan dengan makna menuduh tak jelas, melainkan saya menggunakan publikasi organisasi. saya menggunakan bukti, bukan hanya asal tuduhan kosong yang tak terdidik.

2. bukankah organisasi Menara Pengawal juga selalu 'menjelek-jelekkan' ajaran lain? tetapi marilah kita dengan kepala dingin dan dengan ketundukan penuh terhadap Alkitab, bersama mendiskusikan ajaran manakah yang benar.

Jika Saudara merasa ajaran Saudara benar, akankah Saudara takut?

59 komentar:

Anonim mengatakan...

smoga berguna :

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2303099

saksiyehuwa mengatakan...

terima kasih untuk linknya, ya Sdr. Anonim

CosmicBoy mengatakan...

Gw mantan SSY, thanks atas infor ini. Btw, bagaimana saya bisa memberi kontribusi? Mungkinkah dengan memberi koments2 spt ini? Mohon sarannya.

saksiyehuwa mengatakan...

halo CosmicBoy!

terima kasih untuk bantuannya :)

Bro bisa berkontribusi dengan membuat tulisan singkat membahas tentang SY, atau mungkin kesaksian pribadi juga boleh :)

senang berjumpa orang yang punya kerinduan untuk melayani Saksi, seperti Bro

Anonim mengatakan...

apa ada kesaksian dari saudara cosmic boy tentang pengalaman mantan ssy? mohon masukan

saksiyehuwa mengatakan...

CosmicBoy belum mengirimkan saya kesaksiannya. mungkin CosmicBoy lupa. akan coba saya tanyakan lagi. terima kasih untuk mengingatkan saya...

senang mendengar pertanyaan Sdr.

Bing mengatakan...

Aku memuji yg membuat blog tentang sekte sesat Saksi Yehuwa, tp aku jg merasa kasihan kpd penulis blog ini. Kenapa?
1. Gaya tulisannya terkesan memaksa. Tdk bermutu.
2. Tulisannya tipikal orang munafik yg penuh kerahasiaan dan sensor.

Sedikit masukan: buat artikel yg bukan hanya permainan ayat2, namun kasus2 sehari yg menceritakan kegiatan/kesesatan/kemunafikan Saksi Yehuwa di Indonesia.

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Bing, terima kasih atas komentarnya.

saya menghargai jika Sdr mengatakan gaya penulisan saya terkesan memaksa dan tidak bermutu. trerlebih dari gaya penulisan, jika ada materi tulis yang kurang tepat, saya senang jika Bing dapat menunjukkannya.

mungkin Bing tidak mengetahui tentang Saksi Yehuwa, sehingga Bing tidak dapat memahami alasan mengapa saya merahasiakan identitasnya.

saya kurang berminat untuk menulis artikel mengenai dosa-dosa yang dilakukan pengikut SSY. saya lebih tertarik untuk membahas pengajaran menurut terang Alkitab.

Smngadd Smw mengatakan...

berdoalah biar diterangkan pikiran Sdr..

Smngadd Smw mengatakan...

Mari Berdoa mengandalkan Allah Satu-Satunya Yang Benar, Yehuwa melaui PutraNya, Yesus Kristus ...(Amsal3:5,6)..:D Smngadd smw..

Smngadd Smw mengatakan...

Anda mgkin telah menyortir smw komentar ..gk bole munafik sesama manusia..

Smngadd Smw mengatakan...

Anda harus jujur dan rendah hati, jgn tiru setan yg tertawa diam2..karena Anda diperhatikan yang Maha Pencipta segala sesuatu, termasuk malaikat2 (ciptaanNya)...

saksiyehuwa mengatakan...

Bukan hanya saya, tapi kita semua juga harus jujur dan rendah hati. Terima kasih, Brur

saksiyehuwa mengatakan...

Mari berdoa kepada Yehuwa.....

Mengenai komentar, saya menyortir komentar yang isinya kasar. Saya tidak ingin melihat web ini bukannya berisi diskusi yang sopan antara Kristen dan Saksi, malahan berisi kata-kata hinaan karena tidak ada yang mengatur ditampilkannya komentar.

Jika komentar Saudara tidak kasar, pasti akan saya tampilkan. Senang menunggu Saudara memberikan komentar yang menyanggah tulisan-tulisan saya.

Anonim mengatakan...

sy sgt diberkati dgn adanya diskusi spt ini. Tanpa kata2 kotor. Jika ada yg merasa "Saksi Yehuwa" melakukan fitnah, menjelek2an ajaran org lain, atau omongan ngelantur. Diharapkan org yg merasa demikian untuk membantahnya. Ttp tetap gunakan kata2 yg sopan. Sy pun setuju. Kita bahas ajarannya bukan perilakunya. Agar semua orang membuka mata bahwa Saksi Yehuwa-menara pengawal adalah BIDAT.

saksiyehuwa mengatakan...

terima kasih untuk komentar dan pengertiannya, Sdr. Anonim.

biarlah mereka yang merasa tulisan dalam web ini salah, tidak hanya menuduh, tapi mampu menunjukkan di mana letak kesalahannya dan alasan mengapa dikatakan salah.

Anonim mengatakan...

saya adalah saksi Yehuwa, sebenarnya saksi2 Yehuwa tidak bermaksud menjelek2kan kepercayaan / agama lain, kita menghormati siapapun..spt yg di kehendaki Allah lewat surat petrus (1 petrus 2 : 17), memang apa yg dituliskan menara MP menuliskan kebenaran fakta2 yg terjadi secara terang2an tentang perilaku pemimpin2 agama2 skrg yg mengaku pengikut kristus ttp tidak hidup dengan apa yg diajarakan Yehuwa melalui putranya Yesus (2 timotius 3: 5).

Spt pada jaman Yesus hidup, yesus terang2an mengecam imam2 ahli taurat & org2 farisi yg terus menyimpangkan ajaran Yehuwa hukum taurat dengan mencampurnya / mengencerkan prinsip2 moral & ajaran Allah dng tradisi & pikiran manusia serta menjadikan agama utk mengeruk keuntungan & keserakahan materi(matius 23 :1-36 ; matius 21 : 12,13). Pertanyaanya adalah apakah hukum taurat yg salah??? atau manusianya?? yesus mengecam orang2nya, bukan hukum tauratnya, saksi2 Yehuwa di MP juga dng cara sama yaitu yg dikecam orang2nya yaitu pemimpin2nya & kedoknya, bukan ajaran alkitab atau kekristenannya, krn jaman skrg kekristenan telah mirip kondisinya keagamaan pada jaman yesus.

Dan satu hal lg, utk itu MP hanya diberikan pada mereka yg telah menerima apa yg diajarkan Alkitab atau dalam hal ini berarti mereka telah menjadi saksi Yehuwa alias bahwa buku MP khusus utk kalangan sendiri, bukan utk disebar luaskan tanpa pertimbangan, sehingga bisa menimbulkan salah pengertian. karena ada sendiri publikasi yg khusus untuk umum.

Hal ini seperti yg saudara lakukan dengan mengadakan blog yg membahas / mengulas isi MP dari saksi2 Yehuwa utk d sebar luaskan kepada khalayak umum, jelas akan menimbulkan efek pertentangan & kemarahan dari pihak yg disinggung, krn orang2 belum mengetahui dasar alkitab yg diambil, blm mendalaminya & kebanyakan belum menggunakan daya pengamatan dengan baik utk memeriksanya, disini saya tidak bermaksud mengatakan anda & orang2 diluar saksi tidak mengerti firman Allah, tp banyak orang yg mengaku kristen cuma belum memeriksa kepercayaan mereka sendiri secara mendalam, merenungkan, merisetnya dan belum menggunakan daya pengamatannya yg tidak berat sebelah.

mungkin bagi anda pribadi yg bikin blog ini itu tidak mengganggu hati nurani dan pikiran anda, tapi bagi banyak orang yg spt anda katakan sendiri bahwa, setiap orang memiliki kematangan rohani yg berbeda2 tentu memiliki reaksi yg berbeda pula.

utk itulah saksi2 Yehuwa tidak menyarankan membicarakan kebenaran2 Alkitab melalui media yg tidak memungkinkan bertemu empat mata, spt melalui blog ini, kecuali bagi mereka yg pernah kami temui langsung & telah berdiskusi dng kami, lg pula kami meniru teladan utama kita (juga merupakan perintah yg belum dihentikan sampai saat ini yaitu di matius 28 : 19,20)yaitu Yesus kristus dalam memberitakan kabar baik dari rumah ke rumah (matius 9 : 35-38 ; Lukas 8 : 1), karena memang dengan cara inilah Allah menghendaki dan efektif untuk menjangkau hati, emosi dan pikiran untuk menerima kebenaran Alkitab.

untuk itu saya secara pribadi menyarankan utk di tutup saja blog ini karena lebih banyak menimbulkan banyak perdebatan yg menjurus pada kebencian tanpa dasar dari pada manfaatnya,
karena tidak ada permasalahan dapat diselesaikan dengan cara sms ato lewat postingan di blog atau chating...tapi lewat bertatap muka satu dengan yg lain (kisah 15 : 3-29) dan bila tidak didapat kata sepakat biarlah semua berjalan menurut keyakinannya masing2 (kisah 15 : 37 -41).

Tapi semua itu kembali pada anda sendiri..saya tidak bisa memaksa anda...krn anda punya hak kebebasan memilih...

salam damai sejahtera dalam kristus Yesus

saksiyehuwa mengatakan...

terima kasih untuk komentarnya,

orang Kristen juga tak bermaksud menjelek-jelekkan kepercayaan atau agama lain. kita juga menghormati siapapun. memang apa yang diajarkan Kristen adalah apa yang terang-terangan diajarkan oleh sekelompok orang yang (menurut Kristen) tidak sejalan dengan apa yang Alkitab ajarkan.

seperti pada zaman Yesus, Ia menubuatkan adanya penyesat-penyesat. bagian lain dari Alkitab mengatakan bahwa akan ada guru-guru palsu. Kekristenan yang benar tidak menjadikan agama sebagai sarana untuk mengeruk kepentingan pribadi. kalau ada yang seperti itu tapi mengaku diri Kristen ya sudah pasti itu bukan Kristen.

kalau yang dikecam adalah orang yang mengaku Kristen yang menyalahgunakan agama, itu saya amat setuju. Sdr juga mengatakan bahwa Saksi Yehuwa tidak menyalahkan Kekristenan. apa maksudnya Saksi Yehuwa tidak menyatakan bahwa ajaran Kristen salah? apa Saksi Yehuwa hanya menyoroti orang-orang 'kristen' yang jahat secara individual?

Setahu saya, majalah Menara Pengawal (edisi umum) ditujukan untuk umum:

"Kami yakin bahwa Menara Pengawal akan terus diminati para pembaca di mana saja yang merespek Alkitab dan ingin mengetahui apa yang sebenarnya Alkitab ajarkan. Semoga jurnal ini turut memuaskan dahaga Anda akan kebenaran Alkitab.
... Terbitan tanggal satu diperuntukkan bagi khalayak umum. Terbitan tanggal 15 akan berupa edisi pelajaran yang digunakan Saksi-Saksi Yehuwa di pertemuan ibadat mereka yang terbuka untuk umum." (w08 1/1 hlm. 3)

dan kalau Sdr lihat di website Saksi, maka Saudara bahkan bukan hanya mendownload majalah MP dan Sedarlah, malah bisa mendownload majalah MP edisi studi.
jika memang untuk internal Saksi saja, mengapa website saksi sampai mengadakan fitur download majalah MP edisi studi?

Sadarkah Sdr bahwa hal yang sama sedang Sdr lakukan tiap minggunya (ketika dinas)? Sdr berdinas dan kemudian studi, dengan menyinggung ajaran Kekristenan. tetapi Sdr tidak menjelaskan dasar orang Kristen percaya ajaran tersebut, apalagi banyak orang Kristen sendiri yang belum dapat menggunakan daya pengamatannya dengan baik untuk memeriksanya. saya tahu bahwa banyak orang Kristen sendiri yang tidak paham kepercayaannya. tetapi adalah suatu hal yang kurang baik jika Sdr terus berdinas kepada mereka.

Banyak sekali saksi yang saya temui, berpikiran tertutup, tidak mau memeriksa 'kebenaran' yang mereka terima dari golongan budak. mereka berpikir bahwa "apapun yang dari budak PASTI benar". mereka kemudian enggan untuk memeriksa kebenarannya (bandingkan dengan apa yang dilakukan jemaat berea terhadap ajaran para rasul, Kisah 17:11).

kalau Saksi berdiskusi dengan orang Kristen, saksi akan menganjurkan "periksalah kepercayaanmu"
tapi kalau orang Kristennya yang menganjurkan "Saksi, periksalah kepercayaanmu." maka saksi kemudian mengatakan "organisasi TAK MUNGKIN salah"

nah....

Kristen percaya bahwa penginjilan bisa dilakukan dengan media apa saja. ada yang dari pertemuan empat mata, ada yang dengan menggunakan media lainnya, seperti media ini. biar media apapun membawa kemuliaan bagi Dia.

dengan cara yang sama, saya dapat saja meminta agar Saksi tidak usah berdinas saja, karena menimbulkan banyak perdebatan yang menjurus pada kebencian yang tak bermanfaat. kalau saya katakan demikian, bagaimana menurut Sdr?

saya ingat ketika Yesus mengajar, maka akan terjadi pertentangan. oleh karena itu saya anggap lazim; ketika ada sesuatu yang benar, maka akan mengusik hal-hal lainnya yang salah.

akan tetapi, saya tidak pernah memaksa. saya percaya bahwa yang meyakinkan seseorang percaya bukanlah saya atau satu manusia manapun, melainkan Roh Kudus sendiri.

saya mengundang Saksi Yehuwa yang menganggap web ini berisi kesalahan atau hanya menjelek-jelekkan Saksi, untuk dapat dan mampu menunjukkan di mana salah saya, atau tidak hanya sekedar menuduh saja.

salam

Anonim mengatakan...

wow..ternyata malah jadi panjang, hehe, terimakasih atas komen baliknya, well, sudah saya tulis dalam postingan yg terdahulu yang saya maksud "orang" bukan menilai kejahatan org kristen secara individual itu bukan kewenangan saya utk menghakimi, itu hak Allah, tapi yg saya maksud adalah pemimpin-pemimpinnya (kelompok/golongan) & kedoknya, yaitu mengajarkan yg tidak selaras dengan Alkitab, tentu anda tahu yg saya maksud, krn anda pernah belajar jg kepada saksi2.

Mengenai kekristenan yg saya maksud adalah kita sama2 mengakui yesus kristus sbg juru selamat & kepala sidang jemaat (efesus 5 : 22 - 30), dan ini adalah fakta yg benar dan bukan hal yang salah bukan?, jd bukan apa yg diajarkan gereja2 saat ini yg saya maksud kekristenan, tapi kita sama2 pengikut kristus, itulah yg saya maksud kekristenan, maaf mungkin kurang pas saya menggunakan ungkapannya, jadi salah arti.

mengenai MP, betul, memang sebuah alat bantu yg sangat membantu saya & banyak orang untuk memahami Alkitab, tapi bukan satu2nya, masih banyak alat bantu yg lain.

Dan betul lagi yg anda ucapkan bahwa MP terbitan tgl 1 memang untuk umum, & tgl 15 utk edisi pelajaran, tp maksud saya utk "kalangan sendiri" adalah hanya digunakan utk mereka yg sudah menjadi saksi dalam menawarkannya & penggunaannya pun dirancang dengan metode utk diskusi empat mata, maaf sebelumnya bukan kami saksi Yehuwa itu ekslusive, bukan! tapi memang kami menjaga kehati2an agar jangan sampai menimbulkan salah paham.

mengenai adanya fitur utk didownload, sebenarnya tujuannya itu utk menjangkau mereka yg telah menjadi saksi Yehuwa atau masih belajar tapi memiliki jam kerja yg padat / tidak sempat membawa buku cetaknya serta mereka yg super sibuk, sehingga memudahkan mereka utk mengakses melaui Hp atau komputer mereka setelah mendownloadnya di sela2 waktu mereka,sehingga mereka bisa tetap membaca publikasi2 ini, setahu saya begitu fungsinya.

mengenai dinas yg kami lakukan, ada keunggulan yg tidak dimiliki media lain yaitu ada keterlibatan emosi dan melihat kondisi hati langsung orang2 yg kami temui, krn dengan bertemu langsung kita berinteraksi, bersentuhan, dapat membantu & membahasnya bersama bagi yg bersedia & tidak memaksa. Selain itu krn kami tergerak karena kasih & ini perintah Yesus sendiri.

anda mengatakan : "Sdr berdinas dan kemudian studi, dengan menyinggung ajaran Kekristenan. tetapi Sdr tidak menjelaskan dasar orang Kristen percaya ajaran tersebut"
jawaban: saya yakin kami menyampaikan dasar agar orang yg kami kabari percaya pada apa yg kami kabarkan, yaitu mengajak langsung orang2 untuk memeriksa alkitabnya sendiri

anda mengatakan : "apalagi banyak orang Kristen sendiri yang belum dapat menggunakan daya pengamatannya dengan baik untuk memeriksanya"
jawaban : justru kami berupaya membantu banyak orang untuk mengembangkan daya pengamatannya sesuai kesanggupannya dengan memeriksa sendiri fakta2 yg ada dengan riset dari alkitab mereka (kisah 17 : 11)

anda mengatakan : "saya tahu bahwa banyak orang Kristen sendiri yang tidak paham kepercayaannya. tetapi adalah suatu hal yang kurang baik jika Sdr terus berdinas kepada mereka"
jawaban : membantu orang2 untuk mempelajari kebenaran Alkitab dengan tetap tentu bukanlah hal yg buruk, mengapa harus dihentikan? (yohanes 17 : 3)
tentu anda akan berkata: "kalo begitu maka biarkanlah juga blog saya ini tetap ada utk kesaksian". Betul itu hak anda, Cuma menurut saya kurang efektif, dari pengalaman saya sebelum jadi saksi, saya sering berkontribusi utk forum2 terbuka kristen di internet semacam ini, yg terjadi adalah debat kusir, saling menghujat,antara kristen dng non kristen & krn kematangan rohani setiap org berbeda menyebabkan komentar2 beberapa antar rekan kristen sendiri malah bersebrangan & kadang gak singkron, jadi bukannya jadi bersaksi tapi malah kacau. maka menurut saya kesaksian berupa forum terbuka semacam ini kurang efektif.

to be continued

Anonim mengatakan...

lanjutan :

Apapun yg disampikan organisasi melalui golongan budak selalu disertai dasar ayat dari alkitab yg mendukung, dan kami dipersilahkan memeriksanya sendiri, itu sudah menjadi budaya dalam organisasi saksi Yehuwa, jadi kami tidak spt "makan gaji buta" atau "telan mentah2" golongan budak juga telah memikirkan semuanya dengan seksama sebelum disampaikan kpd jemaat, meskipun begitu mereka juga manusia, bisa salah, tapi karena berupaya menjalankan kasih kami berupaya menaatinya meskipun mereka tidak sempurna(Yohanes 13 : 34,35) juga karena mereka telah ditetapkan menjadi pimpinan atas jemaat (1 timotius 3 : 1- 10)tentulah kita menaatinya demi kesatuan sidang kristen (ibrani 13 : 17)meskipun itu terasa berat utk ditaati beberapa orang secara per individu.

mengenai soal periksa-memeriksa kepercayaan itu hal yang harus dilakukan agar memperoleh pemahaman yg berdasar Alkitab, mohon maaf bukan bermaksud meninggikan diri, kami senantiasa dibantu organisasi utk memeriksa diri kami & Alkitab secara tetap tentu agar selalu menyesuaikan diri dengan prinsip2 alkitab, memang tidak dipungkiri setiap jemaat saksi & bahkan para badan pimpinan bukan manusia sempurna, mungkin saja akan melakukan kesalahan, tapi organisasi telah berupaya dalam memberikan arahan jemaat berdasarkan Alkitab & telah memikirkannya dengan seksama dan dibantu dalam doa, jadi kami dapat meyakini bahwa apa yg dihasilkan adalah yg terbaik.

soal media penginjilan, ditulisan saya sebelumnya tidak menyatakan menolak media lain, tapi saya menyatakan media yg paling efektif menjangkau hati orang2 adalah bertemu langsung dengan mereka.

soal larang melarang, saya tidak pernah melarang anda, HARUS! menutup blog anda, tapi saya cuma MENYARANKAN, tidak memaksa & satu hal lagi, saya TIDAK MENGATAS NAMAKAN SAKSI-SAKSI YEHUWA, tapi mengatas namakan pribadi saya sendiri, karena menurut saya pribadi, forum semacam ini kurang efektif, cek aja tulisan saya yg terdahulu

Benar, saya setuju dengan anda dalam hal menyakinkan orang utk mjd percaya bukan bagian kita, karena itu bagian Allah(1 korintus 3 :6,7)

maaf saya tidak pernah mencari kesalahan2 anda apalagi menuduh, saya bukan ditetapkan jadi hakim atas anda,saya intinya hanya tidak setuju saja adanya blog ini, itu saja, that's it, itu bagian saya, soal anda mau menerima ato tidak saran saya, itu bagian anda dan saya sama dengan anda yg sama2 masih terus belajar mencari kebenaran Allah, jadi sekali lg maafkan saya menolak undangan anda

tapi saya pribadi sebenarnya kagum dengan kebranian anda membuat blog ini & saya lihat sepertinya minat rohani anda sangat tinggi, saya mengerti tujuan anda sebenarnya tulus mencari kebenaran, tapi sekali lagi saya pribadi tidak setuju dgn adanya blog ini.

salam damai sejahtera

nb: sori panjang banget ni tulisan :)

Anonim mengatakan...

ngapain kamu harus cape urus agama dan kepercayaan org lain..???
harus nya fikir aja..
kpd syapa kau bersandar....

jgn org lain di kasi cermin..
tp gunakan lah cermin itu lebih dahulu kpd dr kita.....

Anonim mengatakan...

hmm... btw ini memang tidak ditampilkannya balasan jawaban saya... ato memang belum di respon yah?? seingat saya, saya tidak menggunakan kata2 yg kasar??

Chandra Antonius mengatakan...

Anda ingin tetap berteman baik dengan teman-teman anda yang saksi Yehuwa, tapi di belakang mereka anda menjelek-jelekkan mereka. Betapa sedihnya orang yang menganggap Anda sebagai sahabat, dengan kata lain anda bermuka 2...

saksiyehuwa mengatakan...

terima kasih untuk komentarnya Sdr. Chandra,

sebenarnya, yang saya bongkar adalah kepalsuan mengenai keyakinan mereka. saya tidak menjelek-jelekkan mereka secara pribadi. sebenarnya yang paling baik adalah dengan terang-terangan, tidak dengan sembunyi-sembunyi seperti ini, tetapi karena pertimbangan kedewasaan mereka untuk menerima, maka saya memilih cara seperti ini.
saya tidak bermuka dua, atau munafik. kalau saya munafik, di depan mereka saya akan mengatakan "ajaran Saksi itu benar", tetapi di belakang mereka saya akan mengatakan yang sebaliknya. tetapi yang terjadi adalah di depan merekapun saya sudah menyatakan bahwa menurut saya, ajaran mereka tidak benar.
jadi, setidaknya saya tidak "bermuka dua" seperti yang Sdr. Chandra katakan.

saksiyehuwa mengatakan...

terima kasih untuk komentarnya,
jika Saudara percaya dan membaca Alkitab, baru Sdr akan mengerti mengapa saya "ambil repot" mengurusi 'kepercayaan' orang lain.

saksiyehuwa mengatakan...

BAGIAN I:

ya, saya sudah sering mendengar tuduhan-tuduhan Saksi bahwa ada banyak yang mengaku diri Kristen namun mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan Alkitab. herannya, ketika saya tanya balik dengan diskusi, Saksi-saksi tersebut mengelak untuk menjawab (Matius 7:2), saya harap Sdr tidak demikian.
mohon maaf, tapi saya agak ragu jika kita sama-sama mengakui Yesus sebagai juruselamat dan kepala sidang jemaat, karena bukankah Yesus dalam Kekristenan dan Yesus dalam Menara Pengawal itu jelas bedanya? tentu Sdr tahu apa maksud saya.
jika seperti itu fungsinya, mungkin bisa disarankan agarkan publikasi edisi studi diperlakukan, misalkan seperti CD-ROM WT Lib yang tidak bisa didownload dan harus diambil sendiri. ketika kita meletakkan sesuatu yang bisa didownload publik, bukankah kita sudah sadar bahwa siapa saja dapat mendownloadnya?
memang pertemuan tatap muka 4 mata itu lebih baik, dan saya dari dulu tidak pernah menampik hal ini. dengan kondisi saya sekarang ini, ingin sekali saya bertatap muka langsung dengan Saksi, namum tidak memungkinkan (alasannya sudah pernah saya sharingkan)

saksiyehuwa mengatakan...

BAGIAN II:


maksud saya, Saksi sering sekali mengelabui para peminat dengan memberikan info yang salah mengenai keyakinan para peminat tersebut. saya akan gunakan contoh yang paling mudah:

SY: apakah Sdr percaya Tritunggal?

P(eminat): Ya, saya percaya

SY: apakah yang diajarkan Tritunggal

P: hm.... (bingung) saya tidak tahu apa persisnya

SY: biarkan saya membantu Sdr. (sambil mengeluarkan buku Bertukar Pikir) ini adalah buku pegangan kami dalam melakukan kunjungan dari rumah ke rumah. buku ini berisi hasil riset dari macam-macam sumber. dan mari kita lihat apa yang diajarkan Tritunggal (sambil membuka-buka halaman) Nah ini dia, Tritunggal mengajarkan bahwa "ketiga ”Pribadi” ini tidak terpisah dan berbeda tetapi merupakan tiga bentuk manifestasi ilahi." (rs hlm. 392) Jadi, Tritunggal mengajarkan bahwa Yesus adalah Bapak yang menjelma.

P: hm.... iya

SY: mari kita bahas satu pertanyaan menarik
"Apakah Alkitab setuju dengan mereka yang mengajarkan bahwa Bapak dan Putra bukan dua pribadi yang terpisah dan berbeda?" (rs hlm. 394)

(diskusi terus berlanjut)

itulah salah satu contoh pengelabuan yang sering dilakukan Saksi dengan publikasi yang diklaim sebagai hasil riset yang 'baik'.

(nb: Sdr tahu kan di mana letak "pengelabuan" dalam dialog di atas?)

apakah ini yang dimaksud dengan "membantu banyak orang untuk mengembangkan daya pengamatannya...."? saya melihat ini sebagai upaya memanfaatkan ketidaktahuan orang lain.

saksiyehuwa mengatakan...

BAGIAN III:

nah, untuk menghindari debat kusir, saling menghujat, dan tindakan-tindakan seperti itu, makanya saya moderate semua komentar di blog ini.

ya, bukan hanya apapun yang disampaikan golongan budak selalu disertai ayat, malahan "suara golongan budak" juga disetarakan dengan "suara Allah"

"It is vital that we appreciate this fact and respond to the directions of the “slave” as we would to the voice of God, because it is His provision." (*** w57 6/15 p. 370 par. 7 Overseers of Jehovah’s People ***)

menarik sekali bahwa Sdr mengatakan bahwa Sdr tidak "telan mentah-mentah", tanggapan saya ada dua:
1)seandainya ada yang Sdr tidak setuju, apakah Sdr dapat melawan, atau Sdr ikut "menelannya mentah2" juga?
2)saya malah pernah menemukan kutipan di mana terkesan jelas untuk "menelan mentah2", http://www.saksiyehuwa.org/2010/07/komentar-terhadap-kisah-di-menara.html
3)mentaati walau mereka salah? kalau mereka mengajarkan ajaran Alkitab yang keliru, atas nama persaudaraan, maka Sdr akan menaatinya? ingat kasus dulu ketika vaksin & transplantasi dilarang dan kemudian diperbolehkan? apakah Sdr mempertimbangkan nyawa orang yang meninggal karena tidak
vaksin & transplantasi tsb, yang kehilangan nyawanya karena mengikuti larangan organisasi, yang kemudian aturan ini diperbolehkan beberapa (puluh) tahun kemudian?

baca di
http://www.saksiyehuwa.org/2010/07/transplantasi-organ-dulu-tidak-boleh.html
http://www.saksiyehuwa.org/2010/07/vaksinasi-dulu-tak-boleh-sekarang-boleh.html
jadi tidak apa-apa mati hanya untuk persaudaraan?

mengenai blog ini, saya percaya bahwa Allah dapat bekerja dalam media saja, dan memang ini bukan media yang paling efektif (yang paling efektif adalah pertemuan langsung), tetapi media ini 'terpaksa' digunakan karena sejauh ini, hanya media ini yang memungkinkan

nb:maaf balasnya lama, karena kesibukan pribadi dan agak lama saya membaca komennya, belum lagi ada masalah teknis.

terima kasih untuk kesediaannya berkomentar.
walaupun Sdr menolak, tetapi saya ingin agar Sdr tahu bahwa blog dan ruang komennya selalu terbuka untuk Sdr :)

Anonim mengatakan...

jawab bagian I :

yah memang benar, berbeda, tapi ungkapan pernyataan anda pada kata "yesus dalam menara pengawal" seolah2 anda menyiratkan bahwa SSY menunjukan "yesus versi atau rekayasa SSY". sekali lg saya tandaskan, bahwa yg SSY sampaikan itu pernyataan yg diambil dari ayat2 dalam alkitab mengenai berbagai hal, dan bukan hasil pikiran kita.

yah anda benar, memang itu bisa didonlot oleh siapa saja, dan anda mengetahui alamat situs itu krn anda sudah bersentuhan dengan SSY bukan? sebelumnya tentu tidak tahu kan? dengan kata lain mereka yg pernah belajar alkitab pada SSY pasti mendapat informasi ini

lho bukankah anda cerita sendiri sudah pernah bertemu dengan SSY spt yg anda bilang?, bahkan diantara mereka teman2 anda? ,knp msh berharap ketemu dengan SSY?? ya tinggal ajak mereka ngobrolkan bisa teman anda yg SSY?
jangan2 pengetahuan anda tentang SSY ternyata hanya anda diam2 mengamat2i atau membaca publikasi2 milik dari teman2 anda yg SSY? dan akhirnya anda menarik kesimpulan tanpa penjelasan dari pihak SSY?


Jawaban bagian II :

mengelabui?? info yg salah?? saya rasa itu hanya penilaian anda secara sepihak atau menurut pendapat anda sendiri.
Maaf sebelumnya, memang saya menangkap sejak awal melihat blog anda, memang ada sinyal kalo anda tidak sedang mencari kebenaran, tapi blog ini merupakan ungkapan ketidaksetujuan anda terhadap SSY, secara psikologis orang yg tidak suka pada seseorang pasti selalu mencari kesalahannya meskipun orang yg dimaksud berbuat baik, pasti selalu ditanggapi negatif, ini wajar & manusiawi.

berikut adlh pernyataan anda yg sudah terjawab bagi saya :
"saya mengundang Saksi Yehuwa yang menganggap web ini berisi kesalahan atau hanya menjelek-jelekkan Saksi, untuk dapat dan mampu menunjukkan di mana salah saya, atau tidak hanya sekedar menuduh saja."
dan saya rasa anda tahu dimana letaknya yg sudah anda tunjukan sendiri, jadi anda menjawab pertanyaan anda sendiri dari jawaban anda.

jawaban bagian III :

ya memang bukankah mereka menyampaikan firman Allah?? bukankah para nabi bahkan pendeta sekalipun bisa disebut demikian?? ini bukan berarti golongan budak, nabi atau pendeta adalah Allah, tapi yg mereka sampaikan adalah firman dari Allah, yg berarti mereka sama saja "corong Allah" yg bisa juga disamakan "suara Allah" (yohanes 10: 34-35)

1 & 2. ini bukan soal melawan atau tidak melawan, melainkan sikap rendah hati, spt uraian diatas, karena mereka ditunjuk menjadi pimpinan atas jemaat, dan mendasarkan segala sesuatunya pada firman Allah maka spt tertulis di ibrani 13:7, 17, maka sudah semestinya kita menaati mereka, tapi tidak spt yg anda katakan "telan mentah2" krn spt postingan diawal saya, kita selalu mendapat dasar prinsip2 ayat alkitab yg diambil dalam pengaturan yg dikeluarkjan "budak", dengan demikian kita diajak meneliti sendiri, dan mencernanya. hal yg sama bisa saya tanyakan balik pada anda, misal : mengapa anda merayakan natal? mengapa anda percaya pada tritunggal? mengapa paskah bisa berkaitan dengan telur & kelinci? dsb, apakah anda sudah memeriksa dasar alkitabnya?? atau anda telan mentah2 pokoknya kita ikuti saja?

Anonim mengatakan...

lanjutan

3. coba baca kisah 10: 11 -17, 28,29 disitu petrus memiliki pandangan yg salah, yg kemudian di koreksi Allah,
kisah 18 : 24-26 diayat ini apolos di beritahu apa yg belum dia ketahui,
kisah 15 : 1-21 diayat ini menunjukan bagaimana pemahaman sebagian sidang kristen masa awal berkaitan dengan sunat sesuai hukum musa perlu dikoreksi,
roma 7 : 22 -24,paulus yg diurapi roh kudus saja masih mengeluh bahwa dia msh saja melakukan hal yg salah
dari uraian diatas, jelas pemahaman akan firman Allah terus berkembang secara progresif, dan hamba Allah juga manusia tidak sempurna, seperti di sebutkan dlm amsal 4 : 18, pemahaman akan hikmat ilahi di gambarkan spt cahaya matahari terus bertambah terang dari fajar hingga ”rembang tengah hari”, jadi kalo saja mereka semua yg diurapi roh kudus bisa kurang pemahaman, apalagi kita, maka perlunya utk terus meneliti firman Allah terus-menerus, yg terpenting adlah sikap kerendahan hati utk menerima koreksi dari alkitab.

nb : maaf panjang lg ni.. :)

Anonim mengatakan...

klo dari tulisan sdr,saya yakin anda mantan saksi. knp? ga ada peminat yg sampai detil2 ky gt. memang saya akui saksi yehuwa ada yg brengsek. jd enjoy aja selagi kita tidak melanggar prinsip2 alkitab. biarlah penghakiman adalah hak YEHUWA, jd balas kejahatan dng kebaikan maka hati kita kan damai. yg waras ngalah aja bro, anggap yg ga waras yg suka bikin masalah. wassalam

saksiyehuwa mengatakan...

Bag. I:

A.ya, memang MP menggunakan ayat-ayat Alkitab, namun itu belum menjamin kebenarannya, maksudnya, harus disertai dengan penafsiran yang benar. bukankah Setan pada saat menguji Yesus juga menggunakan ayat Alkitab (namun yang salah adalah cara tafsirnya)?
B. ya, ajaran MP "bukan hasil pikiran kita", tapi hasil pikiran sejumlah orang di Badan Pimpinan sana.

C. malahan tidak diberitahu oleh Saksi yang melayani saya. saya hanya diberitahu watchtower.org, site lainnya tidak diberitahu. siapapun bisa mengetahu web untuk download tsb dengan memasukkan kata kunci ke web pencarian, bukan?


D. maksudnya berharap bertemu SSY lain yang tidak berpikiran sempit seperti yang pernah saya temui tsb (jika ada). wah, saya sudah studi langsung. benar atau tidaknya ya tergantung sdr mau percaya atau tidak dengan yang saya katakan, bukan? :D

coba Sdr lihat komentar dan hasil riset saya, dan coba tunjukkan di mana kesalahan doktrinalnya, tanpa mempersoalkan siapa saya.... saya ingin mendengar dengan komentar Sdr...

saksiyehuwa mengatakan...

Bag. II:

A. dengan penilaian Sdr, apakah diskusi seperti yang saya contohkan di atas adalah diskusi yang jujur?
maksud saya, di buku Bertukar Pikiran, di definisi Tritunggal, oleh MP disisipkan definisi ajaran modalisme (pasti Sdr sudah tahu kalau tritunggal dan modalisme adalah dua hal yang amat berbeda). jujurkah cara seperti ini?

B. blog ini berisi hasil riset saya dan bagaimana akhirnya saya dapat sampai pada kesimpulan bahwa SSY tak mengajarkan kebenaran.... saya rasa daripada saling tuduh "siapa yang tidak suka siapa, sehingga mencari kesalahan siapa," lebih baik menunjukkan di mana salahnya, bukan? :)

C. sekali lagi, Sdr tidak menunjukkan di mana kesalahan saya..... malahan kok saya hanya dapat tuduhan ya? hehe

saksiyehuwa mengatakan...

Bag. III:

tiga poin komentar yang menarik :) akan saya bahas khusus di blog saya pertengahan minggu depan, minggu depannya lagi, dan minggu depannya lagi. akan saya postkan linknya jika sudah diupdate dengan bahasan tersebut.

saksiyehuwa mengatakan...

yakin tak ada peminat yang mempelajari hal sampai detail-detail?

:)

ya beginilah saya, begitu senangnya saya belajar Saksi dan menjawabnya, sampai banyak yang brpikir saya ini mantan Saksi.

wah, jutstyru karena saya lihat ada pelanggaran prinsip Alkitab, makanya saya tidak enjoy dan saya tergerak untuk memberitahukannya.

hahahahaha.... semuanya waras kok, bro. hehhehe

Anonim mengatakan...

jawab bagian I

A. kalo memang MP dalam menggunakan ayat2 dlm alkitab msh danggap yg tidak benar, blog hasil riset anda ini anda anggap bagaimana??? penafsiran yg benar itu yang kayak apa sih?? mohon dijelaskan penafsiran yg benar itu bagaimana.

B. yah lalu ajaran konsep trinitas, natal dsb itu juga bukan dari pikiran anda atau saya, lalu dari siapa?? apakah di alkitab ada dsarnya??

C.ya betul, kemungkinan besar bisa seperti itu, tapi spt anda akui, & spt yg saya utarakan pd tulisan saya sebelumnya, bahwa anda sudah pasti pernah belajar atau diskusi langsung dengan SSY kalo bisa tahu alamat web itu bukan? dlm hal ini anda saya anggap menjawab "ya" meskipun tidak tersurat tp tersirat dr tulisan anda.

D. berpikiran sempit itu yg bagaimana sih?? krn ini sangat relatif, krn pengertian anda dengan saya pasti berbeda, apakah yg sesuai kehendak anda itu berarti yg berpikiran luas / terbuka??

jawaban bag II

A. hanya krn masalah itukah anda menyimpulkan SSY tidak jujur?? modalisme memang cuma berbeda pakaian saja tapi masih mengusung konsep yg sama mirip dgn tritunggal, yaitu tidak jelas dasar alkitabnya.
ditulisan anda terdahulu bahwa SSY memanfaatkan ketidaktahuan orang ttg tritunggal, lha klo gak mau terjadi begitu, mengapa pihak anda atau gereja tidak berupaya menjelaskannya secara gamblang ttg tritunggal yg msh mistery hingga kini kpd jemaatnya???, krn banyaknya pengertian yg rumit & tidak pernah ditunjukan dasar alkitab yg pasti.
jadi bertindaklah!! jgn hanya menyalah2kan pihak lain

B. yah itu hak anda utk menyimpulkan spt itu, dan juga hak kami untuk terus mengabar kpd orang2 yg tulus & rendah hati utk mendengarkan pengajaran isi alkitab.
saya menghargai keyakinan & pemahaman anda ttg alkitab, tp hati2 anda juga bukan manusia sempurna yg tidak lepas dari salah, spt yg anda katakan sendiri "blog ini berisi hasil riset saya"

C. hmmm... saya tidak suka sebenarnya menunjukan kesalahan orang krn saya sendiri bukan hakim atas anda, & saya sendiripun belum tentu bebas dari kesalahan, tp krn anda memaksa ya saya tunjukan apa yg saya mksud sbg bentuk anda mulai menjelek2kan SSY yaitu dari kalimat anda sendiri :
"maksud saya, Saksi sering sekali mengelabui para peminat dengan memberikan info yang salah mengenai keyakinan para peminat tersebut"
"itulah salah satu contoh pengelabuan yang sering dilakukan Saksi dengan publikasi yang diklaim sebagai hasil riset yang 'baik'."
"apakah ini yang dimaksud dengan "membantu banyak orang untuk mengembangkan daya pengamatannya...."? saya melihat ini sebagai upaya memanfaatkan ketidaktahuan orang lain."
"dengan penilaian Sdr, apakah diskusi seperti yang saya contohkan di atas adalah diskusi yang jujur?"
nah anda simpulkan sendiri tulisan anda. Kami cuma mengajarkan isi alkitab & menjalankan yg yesus perintah itu saja.

jawaban bag III

terimakasih, semoga bermanfaat, saya rasa saya cukup berkomentar disini, krn sudah mengarah debat kusir, sekali lg terimakasih telah direspon & masih saya tunggu jawaban anda atas pertanyaan saya yg terakhir ini.

Anonim mengatakan...

mungkin saya cuma bisa berkata seperti kata gamaliel sangahli taurat: biarkan ini berlangsung, kalau ini dari manusia maka ini akan segera berakhir...
tapi, kalau ini berasal dari allah, siapapun orangnya tidak bisa menghalangi kegiatan ini

yah, saya tahu allah yang benar bernama yehuwa
dan saya juga selama ini menimba pengetahuan dari saksi-saksinya, tapi saya bahkan kami tidak menutup mata akan realita yang terjadi beserta semua fakta bahkan lebih banyak fakta daripada yg sdr ajukan
saya menghargai minat rohani anda yang luar biasa...
teruslah mencari saudaraku, maka engkau akan menemukan

semoga kasih yehuwa menaungimu
:)

saksiyehuwa mengatakan...

terima kasih untuk komentarnya, Sdr. Anonymous.
saya memang percaya bahwa nama Allah adalah Yehuwa. tidak ada keraguan sama sekali tentang itu.
jika Sdr perkenankan saya memberi saran, maka saya akan mengatakan bahwa sebaiknya kita tidak hanya asal terima saja apa yang diajarkan kepada kepada kita.

Anonim mengatakan...

salam sejahtera bagimu,saudara-saudaraku yg ku kasihi,

maaf seandainya apa yg ku tuliskan kemudian mjd pertentangan..tp inilah yg ada di pikiran dan hatiku.

Aku tdk pandai menyelidik alkitab. Tapi kebenaran itu bukan hidup dalam organisasi atau agama, let's say, Menara Pengawal. Kebenaran adl seorang pribadi yaitu Yesus Kristus (Yoh 14:6). Jd, yg harus kita lakukan bukan meneladani MP, ttp meneladani Yesus dlm sgala aspek kehidupan. Terutama, dr Yesus kita belajar ttg KASIH.

Yg jd ganjalan ktika mempelajari alkitab TDB, di bandingkan dg terbitan LAI atau KWI. Apakah memang sudah sesuai dg teks asli dlm bahasa asli? Byk kata2 yg cnderung dipaksakan utk maksud dan tujuan tertentu. Maaf, tapi dalam teks bhs aslipun ada pemakaian kata yg tidak sesuai. Aku meyakini injil yg mula2 -yg diterbitkan LAI maupun KWI-, dalam Galatia 1: 1-12 tlg saudara baca. Dari fakta sejarah menyebutkan bagaimana sampai alkitab itu sampai ke tangan saudara2.

Alkitab sebagai pegangan hidup. Tapi apabila isinya kemudian berbeda?

Aku tidak menyangkal, nama Allah adl YHWH. Maaf, bhkan aku tidak seyakin saudara penulis utk memaksakan diri menerjemahkan dg melafalkan mjd 'Yehuwa'.

Jadi, telitilah hati dan pikiran kita masing2 dulu, sbgaimana seperti di tulis dalam Mat 1: 1-10.

Yg jadi guru kita adl Roh kudus, bukan org lain atau MP (1 Yoh 2 : 27).

Buatku, mempertentangkan ajaran adalah usaha yg tidak akan ada gunanya, karena aku percaya, pengorbanan Kristus untuk menebus dosa manusia sudah sempurna.

Semoga apa yg ku tulis ini di tanggapi dg
bijak.

Tuhan memberkati.

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Sdr. Anonym, untuk komentar Sdr. yang poin ke 3, sudah saya bahas di tiga link berikut:

http://www.saksiyehuwa.org/2011/08/suara-organisasi-sebagai-suara-allah_13.html
http://www.saksiyehuwa.org/2011/08/suara-organisasi-sebagai-suara-allah.html
http://www.saksiyehuwa.org/2011/08/rasul-dalam-alkitab-bisa-salah-mengajar.html

semoga bermanfaat.

saksiyehuwa mengatakan...

Untuk Sdr. Anonymous 7 Agustus 2011 14:51,

untuk komentar Sdr akan saya tanggapi hari minggu ini....
maaf tidak bisa langsung sekarang, ada beberapa komentar yang juga harus saya tanggapi.

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Sdr. Anonymous,

saya bukan Saksi Yehuwa, silakan baca dengan saksama tentang siapa saya pada link ini (http://www.saksiyehuwa.org/2010/08/siapakah-saya.html)

Anonim mengatakan...

salam sejahtera bagimu, saudara penulis,

Aku tidak menulis anda bagian dr Saksi Yehuwa, tp aku blg, aku bahkan tdk seyakin anda melafalkan 'Yehuwa' utk kata2 'YHWH'. Tlg di cermati :) agar kita tidak saling salah paham.

Aku juga sdg meriset ttg Saksi Yehuwa untuk tujuan pribadi. Semoga apa aku tuliskan tidak berat sebelah. Mungkin fakta yg ku peroleh tdk selengkap saudara penulis. Aku hanya bermodal pikiran logis dan alkitab.

Tuhan memberkati.

agian dr Saksi Yehuwa, tp aku blg, aku bahkan tdk seyakin anda melafalkan 'Yehuwa' utk kata2 'YHWH'. Tlg di cermati :) agar kita tidak saling salah paham.

Aku juga sdg meriset ttg Saksi Yehuwa untuk tujuan pribadi. Semoga apa aku tuliskan tidak berat sebelah. Mungkin fakta yg ku peroleh tdk selengkap saudara penulis. Aku hanya bermodal pikiran logis dan alkitab.

Tuhan memberkati.

saksiyehuwa mengatakan...

1A. kalau menggunakan kutipan banyak ayat, sebaiknya kita jangan terpesona dulu. bukan masalah banyak ayat sebenarnya (percuma juga kalo banyak ayat, tapi penafsirannya keliru). misalkan Sdr baca buku Kristen yang banyak ayatnya, pasti tidak akan membuat Sdr menerima ajarannya, bukan? ya seperti itulah kira-kira.

penafsiran yang benar adalah yang sesuai konteks dan harmonis dengan bagian Alkitab lainnya. apakah selama menjadi Saksi dan aktif berdiskusi dengan peminat, apakah Sdr belum tahu apa itu "penafsiran yang benar"? saya dapat maklum, karena Sdr tidak pernah menafsir; Sdr hanya menggunakan hasil tafsiran budak, dan Sdr (seperti halnya Saksi lainnya) ikuti saja, bukan?

1B. sejauh ini saya menemukan bahwa Alkitab mendukungnya. bisa Sdr lihat pendukungnya di daftar hasil riset (http://www.saksiyehuwa.org/2011/02/daftar-hasil-riset_23.html) saya.

1C.
Tidak, Saksi saya tidak pernah memberitahukan jw.org,
Ya, Saksi saya hanya memberitahu watchtower.org

1D. berpikir luas berarti membuka diri terhadap gagasan baru setelah diseleksi oleh pikiran kita. orang yang berpikir sempit akan langsung menolak suatu ajaran tanpa memeriksa kebenarannya.

"Ya, mengatasi prasangka dan memeriksa gagasan-gagasan baru dapat memperluas wawasan kita dan membawa manfaat bagi kita dalam hal-hal lain. " (w89 15/1 hlm. 6)

2A. itu contoh saja. dan itu terjadi sering sekali. contoh ini bukan saya ambil dari satu-dua Saksi yang menemui saya, melainkan dari publikasi Saksi sendiri (buku Bertukar Pikiran) . apa? modalisme berkonsep sama seperti Tritunggal, tetapi beda pakaian? jika kita jujur melihat definisi "Tritunggal" dan "Modalisme", maka kita akan mendapati bahwa Modalisme adalah versi yang bertentangan dengan Tritunggal.

saya tidak pernah menyalahkan Saksi. saya juga menyalahkan pihak Kristen yang banyak gagal mendidik jemaatnya. namun, saya rasa, lebih jahat memanfaatkan ketidaktahuan orang (padahal sudah tahu dia tidak tahu).



2B. kalau saya bukan manusia tidak sempurna yang bisa salah, bagaimana dengan Saksi? bagaimana dengan budak sekalipun?

saya menulis "blog ini berisi hasil riset saya". bukankah kalau publikasi juga berisi hasil riset para budak?

2C. Sdr (atau mungkin Saksi pada umumnya) tidak suka menunjukkan kesalahan orang? lalu pada saat diskusi dengan peminat, misalkan mengenai (contoh yang paling gampang) Tritunggal, itu apa?

mengenai pernyataan itu: ya, menurut saya itu mengembangkan daya pengamatan pembacanya agar tidak mudah percaya apa yang dikatakan Saksi mengenai kepercayaan peminat itu. Saksi akan menjelaskan apa itu Tritunggal kepada peminatnya, tragisnya, penjelasan Tritunggal itu keliru luar biasa (dengan dituntun oleh buku Bertukar Pikiran).

kalau sudah begitu, ya saya tanya "apakah itu adalah diskusi yang jujur?" Yah, rasanya siapa saja dapat menjawabnya.

Saya juga melakukan apa yang Yesus lakukan. sebaiknya kita jangan berbangga hati kalau kita kuat pengabaran, karena pada masa-masa akhir menjelang kesudahan sistem, akan ada banyak penyesat. mungkin salah satu dari kita termasuk golongan tersebut. ya jadi jangan terlalu bergembira hati jika kita giat mengabar, seakan sudah menjadi jaminan pasti bahwa kitalah yang benar.

3. terima kasih untuk kesediaannya berkomentar. saya tidak merasa ini adalah debat kusir. tetapi jika Sdr berkeberatan diskusi, maka saya tidak akan memaksa. sudah saya tanggapan semua komen Sdr. di posting sebelumnya.

saksiyehuwa mengatakan...

Oh... kalau begitu saya yang salah paham. maafkan saya.

saya pribadi lebih percaya "Yahweh", bukan "Yehuwa"....

"Yehuwa" adalah terjemahan indonesia dari "YHWH", seperti halnya "Jesus" (Inggris) dan "Yesus" (indo)

Anonim mengatakan...

salam sejahtera saudara penulis,

tidak sabar rasanya aku baca hasil riset2 yang selanjutnya... Teruslah rendah hati mengabarkan kebenaran, saudaraku. Roh Kudus yg membimbingmu. Amen!

Sblm dan sesudahnya, aku ucapkan terima kasih, dg adanya riset yg anda buat ini makin memperteguh keyakinanku...

Tuhan memberkati.

saksiyehuwa mengatakan...

wah, saya senang sekali jika web ini dapat menjadi berkat buat Sdr.... tetap maju dalam pengenalan akan Tuhan, dan Sdr dapat memberitahukan alamat web ini kepada saudara seiman kita yang lainnya, agar juga bisa mendapat manfaat.... Tuhan Yesus memberkati....

Anonim mengatakan...

Maaf saya bukan Anonim yang berdebat dengan Anda (di atas) katakanlah saya Anonimxx. Ilmu keKristenan saya pun masih hangat hangat kuku.

Ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan pemikiran saya terutama untuk debat antara penulis dan Anonim dan saya anggap merujuk ke debat kusir yang berawal dari mencari "mana yang benar" atau "memeriksa kebenaran". Hal ini mau tak mau menjadi menjurus ke "siapa yang salah siapa yang benar".
Beberapa point ini bisa untuk dipikirkan baik penulis ataupun Anonim dan bahkan kita semua yang membaca blog ini.

1. Saya sangat tidak setuju dgn istilah "budak". Kata ini diambil sepertinya dari istilah "slave". "Budak" kedengarannya sangat kasar sedangkan arti yang biasa kita gunakan di Kristen yg sejalan dengan pengertian itu adalah "HAMBA". Penggunaan kata "budak" disana, bisa diartikan oleh pembaca Anda sebagai bentuk "kebencian anda terhadap Saksi (orangnya). Hal ini yg paling melekat dalam otak saya.
2. Kepada sdr Anonim, kalau saudara mengibaratkan jaman sekarang adalah sama persis dengan zaman Yesus, dimana anda mencontohkan "Yesus mengecam Farisi", pertanyaannya adalah "mengapa saat ini para saksi saat menemui org satu persatu?" Pada dasarnya adalah lebih bagus para Saksi menemui para pemimpin jemaat dari orang tadi kalau memang para Saksi mau/hendak "meluruskan" seperti yang dilakukan Yesus ke "Farisi" (Yesus tidak melakukanNya ke jemaat). Hal ini seperti menggambarkan bahwa para saksi merupakan gerakan bawah tanah. Ingat "menggambarkan". Tolong ditinjau kembali ayat2 yg menjadi sumber anda penginjilan dari rumah ke rumah (komentar ke-2 anda)
3. Kalau melihat yang sedang "berdinas" di hari minggu, lantas menimbulkan "kebencian". Itu tdk boleh, kalo itu terjadi "buah-buah Roh Kudus" sudah hilang dari diri kita. Tapi perlu ditekankan juga kepada para Saksi kalau sudah ada indikasi penolakan secara halus, baiklah ditinggalkan (karna saya sudah pernah kena. saya tolak halus mereka nggak ngerti, terjadilah secara kasar dengan membentak)
4. Mengikuti budaya (seperti yang dicontohkan Anonim dengan "natal" "telur paskah". Saya menyatakan kalo memang unsur budaya itu baik dan tidak bertentangan dengan Alkitab, kenapa tidak kita adopsi sebagai bahan untuk memperkokoh iman para jemaat. Kita harus ingat Perjamuan Kudus. "Roti tak beragi dan anggur". Pada dasarnya itu adalah budaya Israel setelah lepas dari perbudakan. Kalo itu, tadinya, terjadi di daerah kita bisa saja itu jadi makanan khas dan minuman khas daerah kita.
5.Bla....Bla..... masih banyak yang mau saya komentari. Cuma saya takut kepanjangan dan banyak yg mencela saya.
6. Ini mungkin agak kontroversial tapi saya menganggap ini penting. Sejarah gereja mencatat lbh krg tahun 325 (kalo gak salah), terjadi pemusnahan 85 (kalo gak salah juga heheheeh) buku Injil yang beredar saat itu. Sehingga kita yang hidup saat ini tidak tahu juga apakah yang dimusnahkan itu "benar" apa "salah". Sehingga kita, bagaimanapun, harus menerima bahwa yg kita pegang saat ini adalah yang benar. Maka dari itu kalopun ada perbedaan persepsi atau daya nalar atau "khidmat" yang berbeda di antara kita mengartikan apa yang ada saat ini saya kira sangat wajar saja. Yang penting kita pegang saat ini sebagai Kristen adalah "Kasih Kristus hendaknya menimbulkan Harmoni yg indah. Dan buah Roh Kudus, jadi bagian dari hidup kita" Amin
Terima kasih
WZH16296

Anonim mengatakan...

Aplause untuk anda, dari semua yang saya dengar tentang fakta yang jujur tentang saksi yehuwa di website hanya web ini yang menyediakan data detil dan lengkap dari sumber TAK TERBANTAHKAN dan yang pasti BERBAHASA INDONESIA!!. jumlah count CLICK nya pasti banyak sekali ya? yang saya sayangkan hanya bentuknya yang sangat menyulitkan untuk dibaca, penempatan subjek pun termasuk berantakan, untuk sebuah blog tampilan nya terlalu sederhana dan kurang informatif, di banding blog lain yg agak populer tampilan blog anda sangat jauh dari bagus dan sulit di akses, terlebih lagi dialog dan diskusi yang justru sebagai sarana yang jauh lebih baik dari sekedar membaca one way direction saja, mungkin malah harus di buat bentuk tema diskusi tersendiri tiap 3 bulan di satu halaman, semoga di kemudian hari web ini dapat diperbaiki agar dapat mempermudah siapapun untuk membaca dan mencari tahu sebagai bahan referensi rujukan maupun diskusi, mungkin ada kawan2 yang mau me-retouch bentuk tampilan blog ini? atau membuat jadi web sekalian? maju terus kawan.. mereka harus tau..

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Anonimxx,

1. yang menerjemahkan slave sebagai "budak", itu bukan saya, tapi itu kosakata itu saya gunakan dari Alkitab terjemahan Saksi sendiri, yaitu TDB (Alkitab LAI menggunakan "hamba")

(Matius 24:45, TDB) ”Siapa sebenarnya budak yang setia dan bijaksana yang ditetapkan oleh majikannya untuk mengurus pelayan-pelayan rumahnya, untuk memberi mereka makanan pada waktu yang tepat?

2. Apa Yesus tidak melakukan klarifikasi ke "jemaat"? saya rasa Yesus melakukannya, makanya Ia mengajar bukan hanya kepada para orang farisi, tapi mengajar ke masyarakat umum pada saat itu.. ayat yang mana? tolong bantu kutipkan

3. siapa yang benci?

4. tentang natal dan telur paskah, saya juga berpikiran yang sama spt Sdr (asalkan unsur budaya itu baik dan tak bertentangan dengan Alkitab, tak apa), namun saya tidak lagi berpikir seperti itu karena sekarang ikon sinterklas serasa sudah menggeser ikon Yesus pada saat natal. namun, Saudara dapat melakukannya jika dengan cara demikian Saudara dapat memuliakan Allah. saya tidak pernah larang itu.

tentang Roti dan anggur, itu diperintahkan langsung oleh Tuhan.

6. setahu saya memang ada pemusnahan kitab-kitab suci palsu. ingat pada masa itu banyak beredar surat rasul palsu (walaupun saya lupa tahun berapa itu).. tapi hal ini tak akan mengganggu otentisitas Kekeristenan yang kita pegang sekarang, karena kitab-kitab yang dimusnahkan tersebut terbukti berbeda dengan Injil-injil yang paling awal yang ditulis sebelum 100 M. kebanyakan surat rasul palsu muncul pada tahun 200an M dan lebih.

mau lihat contohnya? coba saja buka injil barnabas atau injil yudas dan Saudara akan melihat betapa berbedanya ajarannya dengan keempat injil yang ada dalam Alkitab sekarang.

jadi, pemusnahkan itu tak akan mengganggu iman Kristen

menurut saya, yang penting adalah kita belajar Kebenaran Alkitab, dan tidak sekedar jadi orang baik saja (buah Roh Kudus). kalau hanya mau jadi orang baik, saya rasanya tidak harus jadi orang Kristen.

terima kasih sekali untuk komentarnya

saksiyehuwa mengatakan...

terima kasih untuk komennya...
ya saya akui saya agak kebingungan bagaimana cara formatting dan styling blog ini supaya tidak terlalu berantakan.
saya memang berencana sebenarnya buat tema per bulan. terima kasih sekali untuk saran yang membangunnya :)
Sdr sudah membuat saya lebih semangat lagi untuk menemukan formatting yang lebih baik.
sungguh saya berterima kasih untuk compliment dan sarannya....

:)

Anonim mengatakan...

saya sarankah sebaiknya kita adu argument ttg doktrin2 / ajaran2 saja, tidak usah singgung2 individu atau alasan2 penulis, sebab yang penting ajaran yg dibahas itu bertentangan atau tidak dengan Alkitab atau tidak ???? itu saja ... _ El Shadhai_

saksiyehuwa mengatakan...

terima kasih sarannya, El Shadday.
saya juga inginnya seperti itu, namun kebanyakan dari Saksi yang mengunjungi site ini malahan mempermasalahkan siapa saya ketimbang mempermasalahkan apa yang saya tulis. oleh dari itu, saya menulis khusus untuk menerangkan siapa saya.

Anonim mengatakan...

tidak ada gunanya sebuah perdebatan, apalagi mengenai ALLAH sumber segala sesuatu. siapakah anda di hadapan ALLAH sehingga memprotes otoritas ALLAH? saya pernah didatangi oleh para saksi yehova, dan saya melihat mereka seakan-akan seperti penasehat bagi ALLAH. mereka membantah beberapa kebenaran (firman) bahkan merubahnya dengan alasan belum jelas pengertiannya (seakan-akan mereka mau katakan bahwa ALLAH kurang tepat dalam menggunakan bahasa, berarti yang mereka beritakan itu bukan ALLAH seperti yang ada dalam alkitab)saya sadari beberapa ayat alkitab bahwa "ada orang yang diciptakan ALLAH untuk binasa dengan dunia ini. semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan ALLAH (artinya di hadapan ALLAH tidak ada yang benar, entah itu pribadi atau organisasi, oleh karena itu jangan membenarkan diri dulu karena penilaian di tangan ALLAH).dll." saran saya : tidak ada yang benar, tidak ada yang lebih baik,... selain ALLAH sumber segala sesuatu. jika anda berusaha menyelidiki ALLAH, anda akan kehilangan akal karena anda harus menguasai FIRMAN (dan itu mustahil), jika anda berusaha menolak kebenaran (dalam alkitab), anda akan kehilangan jiwa.jangan menjadi penganut agama (termasuk penganut agama kristen) atau organisasi apapun karena semuanya tidak ada yang benar di hadapan ALLAH YANG MAHA KUDUS. tetapi hiduplah sebagai orang kristen (kehidupan dimana ALLAH hidup didalamnya melalui Yeus Kristus, dibawah tuntunan Roh Kudus). anda bisa memahami ALLAH TRITUNGGAL jika anda adalah seorang Kristen (bukan penganut agama kristen, apalagi penganut yang lain).

Anonim mengatakan...

mana MKSY n CosmicBoy?

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Sdr Anonim (5 Maret 2013 15.05),
saya pastinya tetap di sini, saya kurang tau tentang Sdr cosmic.

salam,
MKSY

Arnold Sitompul mengatakan...

Bah seru sekali pembahasan soal blog ini ya...hahahaha......tapi saya sangat senang bisa bertemu dengan blog Saudara ini. Saya tidak tahu entah ada angin apa yang membawa saya ke web ini, namun saya senang sekali bisa bertemu Saudara pemilik blog di sini. Oke brother.....lanjutkan perjuanganmu.....Kiranya semakin bertambah-tambahlah hikmat yang berasal daripada Allah buatmu bro....saya mendukungmu dan Tuhan Yesus menyertaimu dan pekerjaanmu hingga kepada akhir zaman. GBu.

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Sdr. Arnold Sitompul,

terima kasih untuk dukungannya.

Salam,
MKSY

WakeUp mengatakan...

Udah lah mas, pak, om, opa, dll.. g perlu bahas2 hal seperti ini. yg terpenting ambil segala sesuatu hal yg sifat nya baik dan saling membangun aja. kristen vs saksi2 apa gunanya?? yg baik ya ikuti, yg jelek ya buang lah. toh masing2 pasti bisa mebedakan mana yg baik dan salah kan. perbedaan bukan buat di debat ato disalah2kan (meskipun itu salah). Koreksi boleh, tapi jgn menyudutkan dan menjudge salah. apa kita sudah hidup benar?? apa ajaran kekristenan dan SSY salah benar / semua? saya penganut Kristen protestan, tapi saya juga suka mengambil ilmu2 positif dari Saksi2 Yehuwa kok, misal pola hidup sederhana, mengharamkan perang, dll. kalo ada yg salah koreksi aja masing2 pribadi, g perlu harus di gembar-gemborkan ke khalayak luas. toh kalo di teliti dan di pahami pake otak dan pikiran, kebenaran sejati bakal datang sendiri kan.. ayo bangun kebersamaan, manusia ga ada yg sempurna, tp kalo debat terus2an, kapan bs saling melengkapi??? Amini ayat spt "apa yg kau tanam, itu yg kau tuai' aja.. kalo kita niat nya baik, hasilnya juga baik kan?? dr pada kita ribut2 urusan kepercayaan, cari2 kesalahan, mana yg lebih baik,, mending kita satukan iman, hati, dan kekuatan untuk melawan setan.. sadarlah Allah sedih kalo kita spt ini terus dan tidak ada untung nya buat kita kan??? wake up brooo.. bukan saat nya kita beradu argumen ini. masih banyak yg perlu di benahi, agar dunia ini damai dan sejahtera. Dan tentunya dimulai dari pribadi masing2. yu gabung di wakeupproject untuk tau apa yg sedang terjadi di belahan bumi ini.. buat yg suka mencari jalan kebenaran sejati, mungkin tertarik untuk liat apa yg ada di dalam wakeupproject.com.. Salam kasih damai, Yesus menyertai kita semua. Amin...