Percayakah Saudara bahwa kita dapat membuktikan kesalahan
tahun 607 hanya dengan menggunakan publikasi?
Menara Pengawal mengatakan bahwa Nebukadnezar menghancurkan
Yerusalem pada tahun ke-18 atau 19 (jika tahun pengangkatannya sebagai raja
dihitung sebagai tahun pertama) pemerintahannya. Jadi, jika kita tahu kapan Nebukadnezar
memerintah, kita dapat mengetahui tahun ke-18 atau 19 itu jatuhnya kapan, dan mendapati
kapan kehancuran Yerusalem.
kc hlm. 186
|
Alkitab melaporkan bahwa orang-orang Babel di bawah Nebukhadnezar
menghancurkan Yerusalem pada tahun pemerintahannya yang ke-18 (yang ke-19
jika tahun naik takhta dihitung). (Yeremia 52:5, 12, 13, 29)
|
Menara Pengawal mengatakan bahwa ia mulai berkuasa sejak 606
atau 605 SM.
dp psl. 4 hlm. 46 par. 2
|
Ia sudah mulai menjadi
penguasa dunia pada tahun 607 SM sewaktu Allah Yehuwa mengizinkan
dia membinasakan Yerusalem dan baitnya. Pada tahun kedua pemerintahan Nebukhadnezar sebagai penguasa dunia (606/605 SM), Allah memberinya mimpi
yang sangat menakutkan.
|
Kali ini kita akan menghitung tahun pengangkatannya sebagai
tahun pertama, jadi (berdasarkan kutipan MP di awal tulisan ini), kita akan mencari
tahu kapan tahun ke-19, di mana terjadi kehancuran Yerusalem.
Tahun pemerintahan
|
Urutan tahun pemerintahan
|
607
|
Pertama
|
606/605
|
Kedua
|
605/604
|
Ketiga
|
604/603
|
Keempat
|
603/602
|
Kelima
|
602/601
|
Keenam
|
601/600
|
Ketujuh
|
600/599
|
Kedelapan
|
599/598
|
Kesembilan
|
598/597
|
Kesepuluh
|
597/596
|
Kesebelas
|
596/595
|
keduabelas
|
595/594
|
Ketigabelas
|
594/593
|
Keempatbelas
|
593/592
|
Kelimabelas
|
592/591
|
Keenambelas
|
591/590
|
Ketujuhbelas
|
590/589
|
Kedelapanbelas
|
589/588
|
kesembilanbelas
|
588/587
|
keduapuluh
|
…..
|
…
|
Ternyata perhitungan
kasar ini mendapati bahwa tahun ke- 19 jatuh dalam kisaran 589-588… sangat
mendekati (hanya beda satu tahun) dengan tahun 587 yang dipercaya semua ahli
sebagai tahun kehancuran Yerusalem, dan tentunya jauh dari tahun 607 yang
dipercaya Menara Pengawal.
23 komentar:
salam, nama saya junaidi, dari Pontianak, kalbar. saya secara resmi sdh tdk bergabung dg Saksi-Saksi Yehuwa, tetapi saya masih percaya dgn ajaran saksi.
saya ingin mengajukan pertanyaan:
1. apakah anda pernah mengajukan
pertanyaan ini kpd pihak Saksi?
2. bagaimana respon mereka?
terima kasih.
saya dulu belajar dengan mereka dan banyak tanya-tanya kepada mereka. namun mereka kebanyakan yang tidak bisa menjawab dan menganjurkan saya untuk "tunduk saja" kepada organisasi.....
kemudian saya sudah tidak studi dengan mereka, karena saya rasa tidak ada gunanya kalau saya hanya disuruh tunduk saja (padahal penjelasan yang saya butuhkan dari mereka, bukannya ajakan untuk tunduk bersama-sama kepada organisasi)
bagaimana dengan Sdr? apakah Sdr pernah bertranya kepada mereka? atau selama ini Sdr tidak memiliki keraguan sedikitpun terhadap ajaran mereka?
saya belajar dengan saksi Yehuwa sewaktu kecil selama bertahun tahun,sekarang saya sudah tidak bergabung dengan mereka.tpi saya mersa masih sangat sulit mengakui beberapa ajaran kristen,salah satunya ttg Tri tunggal walaupun saya sdh menjadi kristen.
doktrin mereka msh sangat kuat saya rasakan didlm diri saya...gmn cara utk keluar dari ini smua?
Sungguh pernyataan Saudara adalah pernyataan yang jujur.
banyak mantan Saksi yang bahkan setelah mereka keluar dari organisasi, mereka tetap saja sulit untuk menerima beberapa ajaran Kristen, terutama Tritunggal.
ini karena selama mereka menjadi saksi, doktrin inilah yang terus-terusan diserang oleh organisasi (walaupun dasarnya tidak kuat).
tetapi lambat laun, seiring mereka menjadi orang Kristen yang sungguh, mereka akan dapat menerima ajaran tersebut. mereka menerima ajaran tersebut bukan karena iman buta, tetapi karena mereka mendiskusikannya dengfan orang Kristen lain.
sayapun ingin mencoba membantu Saudara.
keberatan ttg Tritunggal apa yang rasanya sangat mengganjal buat Saudara? izinkan saya membantu Saudara
Sepertinya anda keliru dalam memamahami dp pasal 4 par 2.
Ia sudah mulai menjadi PENGUASA DUNIA pada tahun 607 SM sewaktu Allah Yehuwa mengizinkan dia membinasakan Yerusalem dan baitnya. Pada tahun kedua pemerintahan Nebukhadnezar SEBAGAI PENGUASA DUNIA (606/605 SM), Allah memberinya mimpi yang sangat menakutkan.
PERHATIKAN kata-kata huruf besarnya.
dalam hal ini Dan 2:1 menunjukkan bahwa Daniel melihat tahun pemerintahan Nebukhadnezar dari sudut pandang bahwa Nebukhadnezar memerintah di Babilon ketika Babilon menjadi KUASA DUNIA.
sedangkan di buku kc hal 186, Yeremia 52:5, 12, 13, 29
Yeremia melihat tahun pemerintahan Nebukhadnezar dari sudut pandang bahwa Nebukhadnezar yang memerintah atas Babilon (bukan sebagai Kuasa Dunia, karna sebelum Babilon membinasaksn Yerusalem belum menjadi Kuasa Dunia) yg seperti ditunjukkan bahwa pada saat menyerang Yerusalem terjadi pada tahun ke-18 atau ke-19 tadi.
jadi kesimpulannya untuk menentukan kapan Yerusalem dihancurkan, memekai ayat di Yeremia tadi, karna kalau memakai Daniel 2:1 gak bakal ketemu (lawong itu maksudnya tahun ketika Nebukhadnezar SUDAH MENAKLUKKAN YERUSALEM kok).
jadi 2 artikel di 2 publikasi (Nubuat Daniel dan Datanglah Kerajaanmu) itu benar saja. tidak ada yang kelirunya.
Saya mau tanya dari mana Anda mendapat Watchtower Library?
Coba Anda cermati perjanjian Lisensi di point no. 3, bahwa pengguna tidak boleh memajang di INTERNET sebagian atau keseluruhan dari isi publikasi di Watchtower Library, karena kalau saya perhatikan (maaf jika saya keliru) sepertinya Anda copy-paste dari WL yang sebenarnya WL hanya diperuntukkan untuk mereka Saksi Yehuwa terbaptis untuk tujuan pelajaran Pribadi atau Riset.
kok koment sy belum ditampilkan ya?
yg tanya ttg Watchtower Library?
apa masih bingung mau jawab gm?
terima kasih untuk komentarnya. maaf baru saya balas. saya memiliki pekerjaan sekular yang harus saya urusi, jadi tidak 24 jam saya monitor blog ini. harap maklum. namun pasti saya tampilkan kok. Saudara tenang saja :)
tentang kedua kutipan, saya tidak menyadari bahwa saat ketika ia menjadi "penguasa dunia" itu berbeda dengan saat ia menjadi "penghancur Yerusalem".
Saudara pasti berpikir bahwa ia menjadi penguasa dunia SETELAH menaklukkan Yerusalem.
"Jadi, ”tahun kedua” rupanya dihitung sejak tahun 607 SM, sewaktu raja Babilon membinasakan Yerusalem DAN MENJADI penguasa dunia." (w07 1/9 hlm. 18)
tapi saya membaca publikasi yang lain, kok saya menjadi bingung, karena dikatakan bukan "ia menjadi penguasa dunia setelah menaklukan Yerusalem", tapi "ia adalah PENGUASA DUNIA YANG PERTAMA yang menaklukkan Israel"
"Nebuchadnezzar being the first world ruler to conquer God’s own nation of Israel, it was proper that Babylon would have the place at the head of the image." (w61 6/15 p. 358)
tentu ini artinya ia sebelumnya sudah jadi penguasa dunia dan kemudian menaklukan Yerusalem.
bisa tolong bantu saya memahami 'perbedaan' kedua kutipan ini?
saya mendapatkan WTLib dari Saksi Yehuwa langsung.
ya, saya baru membaca poin kedua dan rasanya saya melanggarnya. tapi saya tidak paham, satu hal.
jika kita punya ajaran yang benar. pastinya kita ingin orang lain juga mengetahui. apalagi kalau kita punya "sumur informasi" yang menyokong kebenaran yang kita percayai. pasti kita, kalau boleh, ingin mengajak semua orang menikmatinya.
jika kita punya ajaran yang bermasalah, kita tidak ingin orang-orang tahu. kita akan merahasiakannya dan biarlah ini menjadi rahasia di antara kita saja. orang lain tidak boleh tau.
maksud saya, kalau memang punya kebenaran, kok disembunyikan?
lebih bingung lagi kalau saya baca kutipan berikut:
"To help you to get a better understanding and more benefit from that Book is the purpose of the publications distributed by the Christian witnesses of Jehovah. By reading this very publication you show your willingness to believe—upon sufficient reasons and evidence." (w72 7/1 p. 388)
Maksud dari pernyataan di w61 6/15 p. 358 yang telah Anda COPY-PASTE dari WtLib itu benar saja.
Babilon adalah kuasa dunia PERTAMA yang telah menaklukkan Yerusalem karena sebelumnya TIDAK ADA kuasa Dunia (=kuasa dunia yang pertama sebelum Babilon adalah Mesir kemudian yang kedua adalah Asiria) yang sudah memerintah yang telah berhasil menaklukkan Yerusalem, hanya Babilonlah kuasa Dunia pertama yang berhasil menaklukkan Yerusalem.
Tapi sebenarnya bukan ini kan inti permasalahannya?
Inti permasalahannya
adalah ANDA TELAH KELIRU dalam menghitung tahun dihancurkannya Yerusalem dengan menggunakan Daniel pasal 2 yang terdapat di dp pasal 4 par 2 yang sebenarnya mamaksudkan tahun Nebukhadnezar menjadi kuasa dunia, namun Anda menggunakannya untuk menghitung kapan Yerusalem dihancurkan.
Dan terlihat sendiri sebenarnya Andalah yang mencoba MENCOCOKKAN angka 587 SM dengan “PENGHITUNGAN ANDA” walaupun ternyata selisih (PERHITUNGAN ITUPUN TERKESAN SANGAT MEMAKSAKAN)
Ini hasil penghitungan Anda :
Ternyata perhitungan kasar ini mendapati bahwa tahun ke- 19 jatuh dalam kisaran 589-588… sangat mendekati (hanya beda satu tahun) dengan tahun 587 yang dipercaya semua ahli sebagai tahun kehancuran Yerusalem, dan tentunya jauh dari tahun 607 yang dipercaya Menara Pengawal.
Tentang Watchtower Library
Ini pernyataan Anda :“ya, saya baru membaca poin kedua dan rasanya saya melanggarnya. tapi saya tidak paham, satu hal.”
Baguslah kalau Anda sudah merasa menyadarinya dan semoga Anda tidak melakukannya lagi.
Dan dari frase “baru membaca poin kedua” (sebenarnya ada di point ke-3) memberi kesan bahwa Anda baru saja tahu bahwa tindakan Anda untuk Copy-Paste dari DATA di WtLib adalah sesuatu yang salah dan dengan demikian memberi kesan pula bahwa Anda tidak akan melakukannya lagi.
Kemudian Copy-Paste anda dari w72 7/1 p. 388
Apakah yang dimaksud adalah Watchtower Library? BUKAN. Publikasi-Publikasi yang diterbitkan oleh Menara Pengawal ada tujuan dan penggunaannya masing-masing.
Misalnya tujuan majalah Sedarlah di hal 4 bagian bawah. Tujuan Menara Pengawal di Halaman 2 paling atas. Dan Seperti ditunjukkan di Surat pengantar di WTlib tentang “KETENTUAN PENGGUNAAN WATCHTOWER LIBRARY” point ke-2 : WTlib adlh alat bantu riset bagi Saksi Yehuwa, bukan untuk kalangan umum ataupun institusi seperti sekolah atau perpustakaan.
Dan bagaimana dengan majalah Menara Pengawal yang telah Anda posting di blog Anda ini? Jika ternyata Anda mengunduhnya dari situs jw.org dan kemudian memajangnya di blog, Anda juga telah melanggar syarat dan ketentuan yang telah Anda setujui ketika Anda mengunduh majalah tersebut.
Melalui Komentar saya ini biarlah semua pembaca blog Anda juga tahu bahwa ANDA TELAH SALAH karena MELANGGAR PERJANJIAN LISENSI SOFTWARE Watchtower Library milik Lembaga Menara Pengawal.
saya agak bingung dengan pernyataan Saudara yang rasanya berbeda (semoga saya salah). bisa tolong
klarifikasi dengan memilih salah satu dari di bawah ini:
(A) Babilon adalah kuasa dunia sebelum
menaklukan Yerusalem
(B) Babilon adalah kuasa dunia sebelum
menaklukan Yerusalem
ini adalah masalah besar, karena dengan inilah Saudara menyanggah kutipan saya yang mengatakan bahwa
"tahun kedua setelah menjadi penguasa dunia itu menunjuk setelah menaklukkan Yerusalem"
kalau Saudara memilih (A), berarti kutipan saya tersebut benar dan menunjuk pada tahun kedua
pemerintahan adalah 607/606 (berarti bertentangan dengan alasan sanggahan Saudara sebelumnya)
kalau Saudara memilih (B), pernyataan Saudara berbeda dengan apa yang baru saja Saudara katakan
barusan.
tujuan mencari tahu tahun kedua pemerintahannya adalah untuk mencari tahu kapan tahun ke-18
pemerintahannya.
Saudara harusnya membaca pernyataan saya dengan lebih saksama. izinkan saya menekankan "Ternyata
perhitungan KASAR ini mendapati bahwa tahun ke- 19 jatuh dalam kisaran 589-588…"
Setahu saya, Menara Pengawal juga tidak tepat-tepat amat dalam memberikan tahun.
"Pada tahun kedua pemerintahan Nebukhadnezar sebagai penguasa dunia (606/605 SM), Allah memberinya
mimpi yang sangat menakutkan." (dp psl. 4 hlm. 46 par. 2)
tuh kan MP juga mengatakan 606 ATAU 605. kalau begitu, MP salah juga?
Saudara belum menjawab saya tentang 'kebijakan MP'.
kalau punya sumber yang berasal datu 'satu-satunya saluran komunikasi Allah, kenapa orang lain TIDAK
DIBERIKAN akses untuk mempelajarinya?
jadi semua publikasi boleh dibaca umum, kecuali WT Lib?
bukankah semua orang diundang untuk mempelajari klaim organisasi?
"However, all persons who have a love for the truth are invited to examine this claim that Jehovah’s Witnesses really do have the truth." (w79 7/1 p. 25 par. 20 )
tapi kenapa dilarang sekarang? mohon ditanggapi
paling ganjil kalau kita lihat kenyataan di publikasi banyak sekali kutipan-kutipan dari sumber-sumber sekuler dan sumber-sumber Kekristenan....
kenapa organisasi hobi mengutip, tetapi kalau dikutip dari WT LIb, organisasi tidak mau?
options a dan b nya sama???
gm mau milih..????
apa sengaja ?
Saya ada meng-email ke email anda .. Kalau bole , mohon di balas .. Trima kasih .. :)
Inilah yang Anda lakukan :
1.Tujuan awal Anda adalah untuk membuktikan bahwa Yerusalem tidak dihancurkan tahun 607 SM DENGAN MENGGUNAKAN publikasi. Publikasi itu adalah dp (“nubuat Daniel” ) dan kc (datanglah Kerajaanmu.
2.Caranya? Dengan mencari kapan tahun pertama pemerintahannya. Kemudian Anda menemukan di dp psl 4 bahwa tahun pemerintahannya yang kedua mulai tahun 606/605 SM.
3.Dan Anda gunakanlah tahun itu (berarti 607 SM sebagai awalnya) untuk mulai menghitung tahun ke-18 pemerintahan Nebukhadnezar.
4.Kemudian Anda menyimpulkan bahwa melalui Publikasi (dp) terlihat bahwa pembinasaan Yerusalem tidak pd tahun 607 SM seperti anggapan MP.
Sebenarnya maksud buku “dp” itu adalah tahun di mana Babilon MENJADI KUASA DUNIA, bukan awal pemerintahannya ATAS BABILON. (saya rasa Anda sudah mengerti hal ini).
Itulah yang saya sedang koreksi. Anda mestinya “tidak memakai tahun 607 SM” sebagai titik awal nya. Tapi pakai tahun ketika ia memerintah atas Babilon.
Nah, karena Anda telah keliru memahami dp psl 4 (Daniel 2:1) maka Anda “gagal” dari tujuan Anda semula untuk membuktikan dari Publikasi bahwa Yerusalem tidak dihancurkan pd 607 SM.
____________________________________
Tentang pertanyaan2 terkait WTlib, Anda dapat jawab saja sendiri.
Jawaban saya sudah Sangat jelas di atas tadi. Dan lagi saya kan bukan mewakili organisasi, hanya mengetahui itulah yang organisasi katakan ttg hal2 td.
Satu hal yang jelas adalah bahwa apapun yang “telah disepakati” hendaknya dipenuhi.
Setuju A ya A. Setuju untuk menginstallnya, ya penuhilah syarat-syaratnya.
Kalau dirasa menjadi beban, ya tinggal diremove saja.
Pernyataan Anda :
“paling ganjil kalau kita lihat kenyataan di publikasi banyak sekali kutipan-kutipan dari sumber-sumber sekuler dan sumber-sumber Kekristenan....”
Kata “kita” (=Anda dan Saya) menunjukkan bahwa SAYAPUN juga “merasakan keganjilan itu".
Tapi untunglah itu KATA Anda.
Tapi KATA saya TIDAK. Tidak sedikitpun keganjilan yang saya rasakan dalam membaca publikasi-publikasi MP, malah ada nada kebenaran di dalamnya. Setiap pernyataan atau kutipan di MP ada konteksnya masing-masing. Setiap publikasi yang diterbitkan ada PERUNTUKKANNYA masing-masing.
Pada Akhirnya "hikmat dibuktikan adilbenar oleh perbuatannya" (Mat 11:19). maksudnya?
orang-orang akan melihat sendiri bukti penyertaan Yehuwa pada organisasi Saksi-Saksi Yehuwa.
yang telah mengalami banyak hal, tapi masih tetap eksis dan terus berkembang. (Kis 5:39).
option A dan B itu jelas beda, Bro/Sis.
-----------
OK,akan saya cek emailnya :)
Dear Bro,
saya mengerti maksudnya Brur, tapi sudah saya bagkian kutipan MP yang menyamakan ia sebagai "pemimpin dunia" dan "pemimpin kerajaan"? (silakan baca komentar saya sebelumnya).
kalau Brur masih berkeberatan dengan pengutipan kutipan tersebut, Brur dapat membaca pendekatan saya dengan cara lain dengan tanpa mencari secara eksplisit tahun awal pemerintahannya. silakan baca di XXX, yang baru saya upload barusan.
Tentang WTLib, saya rasa jawabannya kurang jelas.
Brur salah paham dengan perkataan saya yang “paling ganjil kalau kita lihat kenyataan di publikasi banyak sekali kutipan-kutipan dari sumber-sumber sekuler dan sumber-sumber Kekristenan....”
perkataan saya di atas tidak bilang publikasi MP isinya sesat. dalam pernyataan saya di atas, saya hanya bilang "lihatlah betapa bebasnya WT kutip sana-kutip sini, tapi WT sendiri tidak mau dikutip." apakah tindakan seperti ini adalah tindakan yang fair?
nb: harap kita ingat juga bahwa pada zaman akhir akan banyak muncul nabi palsu (Matius 7:15)
Options A dan B JELAS SAMA , coba Anda BACA 10 KALI LAGI.
__________________
tapi saya membaca publikasi yang lain, kok saya menjadi bingung, karena dikatakan bukan "ia menjadi penguasa dunia setelah menaklukan Yerusalem", tapi "ia adalah PENGUASA DUNIA YANG PERTAMA yang menaklukkan Israel"
"Nebuchadnezzar being the first world ruler to conquer God’s own nation of Israel, it was proper that Babylon would have the place at the head of the image." (w61 6/15 p. 358)
Tahun Nebukhadnezar menjadi “Penguasa Dunia/ Kuasa Dunia” jelas berbeda dengan “Penguasa Kerajaan/Penguasa di Babilon”
Mesir = kuasa dunia pertama, TIDAK menaklukkan Yerusalem
Asiria= kuasa Dunia kedua, TIDAK menaklukkan Yerusalem.
Babilon = kuasa Dunia ketiga yang BERHASIL MENAKLUKKAN Yerusalem.
Maka jelas ketika Babilon berhasil menaklukkan Yerusalem Ia disebut seperti yang anda Kutip di atas “PENGUASA DUNIA YANG PERTAMA yang menaklukkan Israel".
Bukan berarti bahwa sebelumnya dia sudah menjadi Kuasa Dunia.
Mengapa Anda tidak akui saja bahwa Anda Sudah Gagal membuktikan penghitungan dengan Publikasi...
Nb : Bukan saya yang mengirim Anda E-mail
tahun mulainya pemerintahan nebukhadnezar adalah 607 dikurang 18...nah setelah 18 tahun berkuasa barulah dia bisa membawa babilon menjadi kuasa dunia setelah melakukan berbagai ekspansi wilayah kekuasaan,salah satunya adalah penaklukan & pembinasaan yerusalem pada tahun 607SM.
Oops. saya salah ketik, maksudnya:
(A) Babilon adalah kuasa dunia sebelum menaklukan Yerusalem
(B) Babilon adalah kuasa dunia SESUDAH menaklukan Yerusalem
Kutipan berikut menyakan bahwa ia sudah menjadi penguasa dunia SEBELUM menyerang Yerusalem:
"Nebuchadnezzar being the first world ruler to conquer God’s own nation of Israel, it was proper that Babylon would have the place at the head of the image." (w61 6/15 p. 358)
tapi bukan itu poin saya. berikut saya kutipkan publikasi yang menyatakan bahwa ia menjadi penguasa dunia SETELAH membinasakan Yerusalem.
"Jadi, ”tahun kedua” rupanya dihitung sejak tahun 607 SM, sewaktu raja Babilon membinasakan Yerusalem DAN MENJADI penguasa dunia." (w07 1/9 hlm. 18)
*apakah "sebelum" = "sesudah"?
tapi Saudara bilang ia sudah menjadi penguasa dunia sebelum membinasakan Yerusalem.
mungkin publikasi di atas kurang akurat. bagaimana pendapat Sdr?
Sdr mengatakan "Mengapa Anda tidak akui saja bahwa Anda Sudah Gagal membuktikan penghitungan dengan Publikasi"
saya akan mengatakan "mengapa Sdr tidak akui jujur saja bahwa publikasi Saudara itu membingungkan dan tidak akurat?"
Dear brur,
di blog ini ada bahasan lain tentang perhitungan tahun 606. jika berkenan,mohon dikomentari juga
dear Sdr. anonym, bagaimana pendapatnya terhadap ini?
http://www.saksiyehuwa.org/2011/12/cara-lain-membuktikan-keruntuhan.html
dan ini?
http://www.saksiyehuwa.org/2011/12/pengutipan-tidak-jujur-untuk-mendukung.html
terima kasih
Dear sdr anonim yg memberi komentar tgl 15...
senang rasanya ya kita dapat mengerti penjelasan dr publikasi yg begitu jelas dan lugas....:)
Tidak sperti org2 yg tidak tulus, bs memelintir dan membuatnya bingung di pandangannya dan anehnya sudah tau bingung tp tetap saja mau dibuat bingung...huhu.
dear Sdr. Anonym, jika Sdr teliti memeriksa, maka Sdr akan melihat bahwa justru MP memelintir berbagai fakta sehingga dapat sampai kepada 607 SM.
buktinya, MP saja mengutip seorang ahli secara tidak jujur
silakan baca di http://www.saksiyehuwa.org/2011/12/pengutipan-tidak-jujur-untuk-mendukung.html
kalau semua fakta memang mendukung, buat apa mengutip orang lain secara tidak jujur?
Posting Komentar