Blog ini tidak dibuat oleh seorang Saksi Yehuwa. Blog ini membahas ajaran Saksi Yehuwa dengan menggunakan publikasi dan Alkitab. Ditujukan kepada siapa saja yang berhati tulus dan ingin memeriksa kebenaran pengajaran Saksi Yehuwa.

Minggu, 11 Desember 2011

Cara Lain Membuktikan Keruntuhan Yerusalem pada 587 SM

Pada beberapa minggu yang lalu, saya membahas pembuktian keruntuhan Yerusalem dengan cara yang sederhana, yaitu dengan menentukan tahun awal Nebukhadnezar, kemudian mencari tahu kapan tahun ke-19 pemerintahannya (karena Alkitab mengatakan bahwa Yerusalem dihancurkan pada tahun tersebut). Dari metode ini didapatkan tahun 589/588. Sangat dekat (karena ini adalah perhitungan kasar) dengan 587.

Namun, seorang pembaca yang adalah seorang Saksi menyatakan ketidaksetujuannya terhadap metode tersebut, karena ia tidak percaya bahwa 606/607 adalah tahun kedua awal pemerintahan Nebukhadnezar sebagai raja. Ia mengatakan bahwa tahun tersebut adalah tahun kedua Nebukhadnezar sebagai “pemimpin dunia”, bukannya “pemimpin kerajaan”.

Walaupun saya menemukan bahwa publikasi menyamakan “memerintah sebagai raja” dan “memerintah sebagai pemimpin dunia”, saya akan membahas pembuktian ini tanpa harus kita mencari secara tersurat di publikasi tahun berapa Nebukhadnezar mulai memerintah.

Sebelumnya kita mencari data-data yang memungkinkan kita mengetahui kapan Nebukhadnezar memerintah. Kita perlu mengetahui tahun pemerintahan (minimal satu) raja pada kerajaan itu dan mengetahui tahun berkuasa tiap-tiap raja.

Data-data berikut di dapatkan dari publikasi:

Tahun

Durasi

Kutipan

Sumber Kutipan

Nebuchadnezzar

43 tahun

Nebukhadnezar, yang memerintah selama 43 tahun, memimpin sebuah dinasti yang berkuasa atas Imperium Babilonia.

dp psl. 4 hlm. 50 par. 9

Evil-Merodach

2 tahun

Evil-merodach reigned two years and was murdered by his brother-in-law Neriglissar, who reigned for four years, which time he spent mainly in building operations. His underage son Labashi-Marduk, a vicious boy, succeeded him, and was assassinated within nine months.

w65 1/1 p. 29

Neriglissar

4 tahun

Labashi-Marduk

9 bulan (pembulatan: 1 tahun)

Nabonidus

556-539

17 tahun

Penguasa tertinggi yang terakhir di Imperium Babilonia; ia adalah ayah Belsyazar. Berdasarkan teks-teks berhuruf paku, ia dianggap memerintah selama kira-kira 17 tahun (556-539 SM).

it-2 hlm. 187

Kemudian kita lengkapi kolom tahun yang kosong dengan cara melakukan perhitungan manual.

Tahun

Durasi

Kutipan

Sumber Kutipan

Nebuchadnezzar

563+43= 606 SM

43 tahun

Nebukhadnezar, yang memerintah selama 43 tahun, memimpin sebuah dinasti yang berkuasa atas Imperium Babilonia.

dp psl. 4 hlm. 50 par. 9

Evil-Merodach

561+2= 563 SM

2 tahun

Evil-merodach reigned two years and was murdered by his brother-in-law Neriglissar, who reigned for four years, which time he spent mainly in building operations. His underage son Labashi-Marduk, a vicious boy, succeeded him, and was assassinated within nine months.

w65 1/1 p. 29

Neriglissar

557+4= 561 SM

4 tahun

Labashi-Marduk

556+1= 557 SM

9 bulan (pembulatan: 1 tahun)

Nabonidus

556-539 SM

17 tahun

Penguasa tertinggi yang terakhir di Imperium Babilonia; ia adalah ayah Belsyazar. Berdasarkan teks-teks berhuruf paku, ia dianggap memerintah selama kira-kira 17 tahun (556-539 SM).

it-2 hlm. 187

Nah, setelah kolom-kolom tersebut lengkap, kita melihat petunjuk Alkitab bahwa kehancuran Yerusalem terjadi pada tahun ke-19 pemerintahan Raja Nebukhadnezar.

2 Raja-Raja 25:8-9

Pada bulan kelima, pada hari ketujuh dari bulan itu, yaitu tahun kesembilan belas pemerintahan Raja Nebukhadnezar, raja Babilon, datanglah Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, hamba raja Babilon, ke Yerusalem. Lalu ia membakar rumah Yehuwa dan istana raja dan semua rumah di Yerusalem; semua rumah orang besar ia bakar dengan api.

Dari data tabel di atas (yang sepenuhnya berasal dari perhitungan manual dari data-data yang didapatkan dalam publikasi sendiri), Raja Nebukhadnezar mulai berkuasa pada 606 SM. Pertanyaan akhir kemudian muncul, “Jatuh pada tahun berapakah tahun ke-19 pemerintahannya?”

Tetapi sebelumnya, apakah tahun pertama berkuasa dihitung naik tahta, atau setelah genap memerintah satu tahun baru disebut tahun pertama? Kita akan menghitung dengan menggunakan dua asumsi:

Jika tahun naik tahta dihitung sebagai tahun pertama

Jika tahun awal berkuasa tidak dihitung sebagai tahun pertama

606 SM

Tahun pertama

605 SM

Tahun kedua

Tahun pertama

604 SM

Tahun ketiga

Tahun kedua

603 SM

Tahun keempat

Tahun ketiga

602 SM

Tahun kelima

Tahun keempat

601 SM

Tahun keenam

Tahun kelima

600 SM

Tahun ketujuh

Tahun keenam

599 SM

Tahun kedelapan

Tahun ketujuh

598 SM

Tahun kesembilan

Tahun kedelapan

597 SM

Tahun kesepuluh

Tahun kesembilan

596 SM

Tahun kesebelas

Tahun kesepuluh

595 SM

Tahun keduabelas

Tahun kesebelas

594 SM

Tahun ketigabelas

Tahun keduabelas

593 SM

Tahun keempatbelas

Tahun ketigabelas

592 SM

Tahun kelimabelas

Tahun keempatbelas

591 SM

Tahun keenambelas

Tahun kelimabelas

590 SM

Tahun ketujuhbelas

Tahun keenambelas

589 SM

Tahun kedelapanbelas

Tahun ketujuhbelas

588 SM

Tahun kesembilanbelas

Tahun kedelapanbelas

587 SM

Tahun keduapuluh

Tahun kesembilanbelas

….

….

Ternyata dengan perhitungan menggunakan dua asumsi tersebut, didapatkan bahwa tahun ke-19 jatuh pada 588/587 SM. Pada tahun inilah Yerusalem hancur.

Jadi, nubuatan 1914 yang berdasarkan dari kehancuran Yerusalem yang kata Organisasi jatuh pada 607 SM, ternyata salah, karena yang benar adalah tahun 588/587 SM.

23 komentar:

Anonim mengatakan...

Pernyataan Anda:
“Raja Nebukhadnezar mulai berkuasa pada 606 SM”.
Dari mana Anda mendapatkan Angka ini? Beberapa Ensiklopedi yang saya baca menyebutkan tahun yang berbeda-beda, ada yang 604 SM, 605 SM, 630 SM, 635 SM dll. (cari saja diinternet). Kesimpulannya tidak ada “kesepakatan” dalam hal menentukan tahun pertama pemerintahan Nebukadnezar.
Setelah saya cermati rupanya Anda mulai mendapatkan angka 606 SM dari “merunut kan dari bawah ke atas” table diatas. Maksudnya?
Tahun 539 SM adalah angka yang diterima sebagai tahun kejatuhan Babilon. 539 SM adalah tahun pertama pemerintahan Kores atas Babilon (lihat menara pengawal 1 Oktober 2011 hal 28) sedangkan 606 SM tidak.
Dengan cara ini Anda mulai “merunutkan” angka 539 SM mundur sebanyak beberapa tahun yang ada ditabel tadi. (66 tahun 9 bulan) dan sampai pada 606 SM.
Namun sayangnya table urutan tahun dan lamanya raja-raja Neo-Babilonia berkuasa itu adalah tablenya Berosus, yang tidak dinyatakan Akurat oleh kebanyakan pakar. (Llihat MP 1 Oktober 2011 hal 29 Subjudul “Sejarawan Era Yunani…”)

Sekarang bagaimana cara yang benar untuk menentukan tahun 607 SM sebagai tahun dihancurkannya Yerusalem?
Nah kita tadi sudah mengetahui 539 SM adalah angka yang BERTERIMA sebagai tahun kejatuhan Babilon.
Ezra adalah salah seorang Yahudi yang berada di pembuangan melaporkan bahwa pada tahun pertama pemerintahan Kores yaitu musim semi 538 SM. (tahun naik takhta) = kira-kira akhir tahun 538 SM, sehingga aka nada cukup waktu bagi orang-orang Yahudi untuk kembali ke Yerusalem. (Baca Ezra 1:1-4, 2 Tawarikh 36:21-23)
Maka Ezra 3:1 menunjukkan bahwa pada bulan ke tujuh (bulan kettujuh tentulah tahun setelah tahun 538 SM tadi yaitu tahun berikutnya 537 SM) orang-orang Yahudi buangan telah kembali di Yerusalem.

RINGKASAN :
539 SM = Tahun yang “berterima” sebagai tahun kejatuhan Babilon ( tahun pemerintahan Kores yang pertama ATAS Babilon) = Lihat Menara Pengawal
1 Oktober 2011 hal 28

538 SM = Tahun Kores naik Takhta.
Yahun pertama pemerintahannya. = Ezra 1:1-4 ;2 Tawarikh 36:21-23

537 SM = Orang Yahudi dari Pembuangan di Babilon kembali ke Yerusalem pada bulan ketujuh.
= akhir dari 70 tahun pembuangan orang Yahudi = Ezra 3:1
Maka
537 SM + 70 tahun masa pembuangan = 607 SM (tahun dihancurkannya Yerusalem)


Nah sekarang saya akan Koreksi pembuktian Anda :
1. Tahun pertama Nebukadnezar memerintah Anda sudah Salah. Tidak ada catatan yang pasti bahwa tahun pertama pemerintahan Nebukadnezar adalah 606 SM.

2. Misalnya (INGAT MISAL) benar “hasil pembuktian Anda” bahwa Yerusalem jatuh tahun 587 SM. Berarti akir pembuangan :
587 SM – 70 tahun = 517 SM (akhir pembuangan) = penghitungan yang TIDAK BERDASARKAN ALKITAB.
Apakah angka 517 SM adalah angka yang berarti? TIDAK.

Sedangkan Ezra 1:1-4 berisi dekrit Kores untuk memulangkan orang yahudi yang terjadi pada tahun 538 SM.

Jadi Catatan Alkitablah yang lebih seksama dan akurat. Dan MP menggunakan Alkitab sebagai dasarnya dicocokkan dengan tahun 539 SM YANG BERTERIMA. Jadi jika terjadi ketidakcocokan antara catatan sejarah dan Alkitab, catatan sejarah yang ikut Alkitab BUKAN Alkitab yang ikut catatan sejarah sekuler.

Bagi para pengunjung blog ini, cobalah Anda mengunduh publikasi Menara Pengawal 1 Oktober dan 1 November 2011 di www.jw.org dan membaca lebih seksama tidak setengah-setengan seperti yang ada di blog ini.

Bolehkah saya menanyakan pertanyaan ringan, mengapa daftar nama raja-rajanya memakai bahasa Inggris? “Nebuchadnezzar” dst. Lupa untuk mengganti ya? Pertanyaan ini sebenarnya menunjukkan dari mana Anda memperoleh “RISET” ini…

saksiyehuwa mengatakan...

1. saya mendapatkan angka 606 dari publikasi Sdr, dari angka sekuler, dan dari perhitungan manual dari publikasi Sdr

2. bisa tolong kutipkan sumber-sumber tersebut?

3. tahukah Saudara bahwa MP juga menggunakan data-data Berosus dalam publikasinya? silakan baca di http://www.saksiyehuwa.org/2011/10/berosus-tidak-akurat-bagaimana-dengan.html

4. Saudara sering menggunakan angka "70 tahun". justru itulah salah satu hal yang saya ragukan. silakan baca sharing saya mengenai "70 tahun" di http://www.saksiyehuwa.org/2011/11/537-sm-70-tahun607-sm-apakah-alasan.html

mohon dibaca lagi mengenai angka "70 tahun".

5. Saudara mengatakan "Tidak ada catatan yang pasti bahwa tahun pertama pemerintahan Nebukadnezar adalah 606 SM."

memangnya ada catatan pasti bahwa ia mulai memerintah pada 624?

6. tentu kalau sekuler yang salah, ya ikut Alkitab. tapi KALAU ALKITAB TIDAK BILANG, ya buat apa maksa-maksain menggunakan perhitungan sekuler + perhitungan Alkitab?

bukankah Saudara sudah tahu bahwa angka 607/606 itu adalah gabungan angka Alkitab + angka sekuler? saya harap Sdr sudah tahu. jika belum tahu, silakan baca di http://www.saksiyehuwa.org/2011/10/607-hasil-perhitungan-murni-alkitab.html

7. bagi pembaca, silakan membaca publikasi tersebut dan membandingkannya dengan apa yang sharingkan di sini. ada beberapa hal krusial yang tidak diberitahukan Menara Pengawal mengenai perhitungan ini.

8. iya, saya lupa menggantinya. saya mencari dari WTLIb.


Dear Brur, saya sebenarnya berharap setiap orang dapat memiliki WTLib (software komputer berisi publikasi Saksi Yehuwa selama puluhan tahun terakhir) dan memeriksa klaim Saksi Yehuwa. tapi rasanya harapan saya pupus sudah, karena Organisasi melarang 'orang luar' memiliki CD-ROM yang menarik ini.

Anonim mengatakan...

Mohon maaf sebelumnya... saya sama sekali tidak bermaksud untuk menyinggung Anda berdua, apalagi menggurui kalian berdua, karena saya sadar sepenuhnya, bahwa pengetahuan saya tentang Alkitab, tidak ada apa2nya dibandingkan dengan kalian berdua... Saya menulis ini karena saya mengasihi kalian berdua (sdr Anonim dan sdr Admin)...

Saya mau bertanya,
Jika kalian berdua bertemu, apakah kalian akan duduk sambil tertawa bersama, menceritakan hal-hal yg indah tentang kehidupan anda masing2?
ataukah sebaliknya?

Menurut kalian jika Yesus melihat kalian, apakah Yesus akan senang karena salah satu dari kalian yg punya pengetahuan dengan lebih tepat? Atau Yesus memandang kalian seperti Yohanes dan Yakobus yg ingin memperebutkan siapa yg terbesar di antara mereka?

Apakah kalian lupa apa yg Yesus katakan dalam Matius 7:12 ?
Jika tidak lupa, mengapa kalian mjd seperti org Farisi/org Saduki, yg sangat lihai dlm hukum, tetapi tidak bisa memahami makna di balik hukum?

Perhatikanlah dengan cermat diri kalian, bukankah kalian memiliki lebih banyak persamaan daripada perbedaan?
Kalian sama2 percaya bahwa Alkitab adalah sumber yg akurat dan dapat dipercaya...
Kalian sama2 murid Yesus bukan? jika iya, maka bukankah wajar jika seorang murid melakukan kesalahan?
Ataukah ada dari antara kalian yg adalah guru Yesus?
Kalian sama2 sedang berupaya untuk mengasihi Allah bukan?

Ada banyak pengetahuan tentang Allah dan maksud-tujuanNya... mungkin kita tidak bisa memahami semuanya... namun yg digunakan utk kehidupan hanyalah sedikit...
misalnya, bahwa kita harus mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan pikiran. Serta kita harus mengasihi sesama seperti diri kita sendiri.
Sudahkah kalian melakukan hal ini?

Anonim mengatakan...

1. Pernyataan anda angka 606 SM dari publikasi bertentangan dengan no. 5. Anda bertanya dari mana angka 624 (berarti Anda tahu bahwa publikasi menyatakan bukan 606 tapi 624).

2. http://id.wikipedia.org/wiki/Nebukadnezar_II,
http://www.bible-history.com/babylonia/BabyloniaNebuchadnezzars_Babylon.htm
http://www.ancient.eu.com/Nebuchadnezar_II/
http://en.wikipedia.org/wiki/Neo-Babylonian_Empire
dll.


3. Apakah disebutkan bahwa MP mengambil/memakai datanya Berosus? TIDAK.

Saya tidak heran bahwa publikasi seolah-olah mengambil data angka-angka yang mirip dengan berosus.

Misalnya:
it-2 hlm. 187 yang Anda kutip :
Berdasarkan TEKS-TEKS BERHUFUR PAKU (bukan dari Berosus), ia DIANGGAP memerintah selama kira-kira 17 tahun (556-539 SM).

w65 1/1 p. 29.
Coba anda cermati paragraph 2 (paragraph sebelum kutipan Anda). Disebutkan bahwa Ewil Merodakh memerintah mulai tahun 581 SM. Hal ini sejalan dengan pandangan MP dan Alkitab bahwa Yerusalem jatuh tahun 607 SM. Jadi walaupun SEOLAH-OLAH kelihatannya datanya MIRIP dengan Berosus bukan berarti bahwa publikasi menyetujuinya.

Kalimat selanjutnya dari w65 1/1 p29.
Menunjukkan tentang naik takhtanya Nabonidus HINGGA 539 SM. Namun tidak disebutkan berapa lama Nabonidus memerintah. Yang ditekankan adalah AKHIR pemerintahannya pada 539 SM.

Coba Anda lihat w69 2/1 p.89:
Ada tablet yang sudah diterjemahkan. Angka-angka lamanya tahun memerintah raja neo-babilonia tidak akurat (krn tabletnya sudah tidak utuh lagi). Hanya nebukhadnezar yang berkuasa selama 43 tahun yang masih utuh dan jelas. Maka di dp psl. 4 hlm. 50 par. 9 disebutkan secara gamblang lamanya Nebukhadnezar memerintah.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN:
Kronologi Alkitab dengan sekuler ada selisih waktu 20 tahun.
Kalau Alkitab berarti masa pembuangan = 70 tahun . Kalau sekuler berarti masa pembuangan = 50 tahun. Dan selama ini, sejarah sekuler (berdasarkan urutan dan lamanya raja-raja neo-Babilonia memerintah yang antara ‘sejarawan yang satu dengan yang lain berlainan) hanya menunjukkan bahwa masa pembuangan selama 50 tahun saja.
Sekarang orang tinggal pilih, mau percaya Alkitab yang sudah teruji dalam segala hal atau sejarah sekuler yang data-datanya tidak lengkap dan bertentangan satu sama lain.

4. Anda meragukan?
Kalau 70 tahun bukan angka Harfiah berarti Anda dapat menjelaskan:
Ezra 1:1-4 ?
Ezra 3:1-5 ?
2 Tawarikh 36:21-23?
Daniel 9:2?

5. berdasarkan kronologi Alkitab lah angka 624 SM itu. Saya yakin Anda tahu itu dari Kronologi Alkitab.
Daripada 606?

6. Anda tahu tahun berapa Yesus dibaptis? Kapan Perjanjian Hukum diadakan? Tahun berapa Kornelius bertobat? Itu hanya beberapa pertanyaan saja. Bagaimana Anda bisa mengetahuinya kalau Anda tidak mensinkronkan kronologi Alkitab dengan tahun yang BERTERIMA dalam sejarah sekuler.
Alkitab memang tidak bilang, tapi dari Alkitab dan sejarah sekuler yang BERTERIMA, dapat ditentukan waktu kejadian-kejadian dalam Alkitab.
Mengetahui tahun-tahun suatu peristiwa dalam Alkitab akan membantu pembaca Alkitab untuk lebih memahami ALUR WAKTU kejadian-kejadian dalam Alkitab dan menambah penghargaan seorang pembaca kepada Pengarang Alkitab.

Memangnya kenapa kalau 607 SM dari angka sekuler + Alkitab? Asalkan angka itu adalah adalah Angka yang berterima dan disetujui.

Anda tentu tahu bahwa angka 539 SM adalah angka yang berterima. Mengapa Anda tidak coba “Sanggah” tahun itu? Padahal MP kan ngambilnya dari angka 539 SM. Malah yang Anda sanggah adalah yang dari Alkitab “70 tahun” masa pembuangan?

Dari sini Nampak sekali bahwa Anda sebenarnya secara langsung ataupun tidak langsung sedang mencoba untuk "MENGKRITIK " Alkitab.



NB : Kapasitas saya bukanlah sebagai wakil MP. Saya adalah pembaca setia publikasi tersebut.

Terimakasih atas pengingat Anda di posting terdahulu untuk berhati-hati terhadap nabi palsu (Matius 7:15). Ini membuat saya lebih berhati-hati lagi dengan Anda.

saksiyehuwa mengatakan...

1. wah, kelihatannya Sdr salah tangkap maksud saya. Kan Sdr bilang tidak ada catatan pasti yang mendukng 606. saya hanya ingin tahu saja apa Sdr tahu bahwa ada catatan yang pasti bahwa 624 adalah tahun awal memerintah (publikasi memang bilang 606, tapi saya tidak tanya apa yang publikasi katakan, tapi saya tanya apakah Sdr punya 'catatan yang pasti'/'data sekuler' yang mendukung)

2.

http://www.bible-history.com/babylonia/BabyloniaNebuchadnezzars_Babylon.htm rasanya tidak mendukung Sdr.

"Inscriptions, documents and letters written during the 43 years of his reign (604-562 BC.)"

http://www.ancient.eu.com/Nebuchadnezar_II/ rasanya tidak mendukung Sdr.

"605 BC - 562 BC= Nebuchadnezzar II is king of Babylon.
597 BC=Babylonian king Nebuchadnezar captures Jerusalem."


nb: saya tidak komentar untuk link wikipedia

3. jadi MP lebih menerima data berhuruf paku? apakah data berhuruf paku lebih akurat dari berosus?

3,4. Tirus dikatakan Alkitab bahwa ia akan di bawah kekuasaan babilon selama 70 tahun, dan pada faktanya, ternyata tidak sampai 50 tahun (pengakuan MP tentang ini di http://www.saksiyehuwa.org/2011/11/537-sm-70-tahun607-sm-apakah-alasan.html).

apakah Saudara berani mengatakan bahwa MP lebih memilih data sekuler (50 tahun) dan membuang Alkitab (70 tahun)?

5. Sdr tahu 624 itu dari Alkitab? memangnya di Alkitab ada tulis angka "624"? terima tidak terima, semua data-data tahun yang Sdr berikan bukannya merupakan gabungan antara data sekuler yang ditambah/dikurang menurut angka-angka dalam Alkitab?

namun selama ini orang-orang selalu bilang "angka Alkitab", "data Alkitab", dll. rasa-rasanya angka 606, dst, tertulis eksplisit dalam Alkitab.

6. ternyata Sdr sependapat dengan apa yang saya katakan di poin (5) di atas.

saya tertarik dengan istilah "berterima" (atau "diterima"/accepted?).

apa itu data yang "berterima"? ya data yang diterima oleh para pakar sejarah. namun mengapa ketika sangat-amat banyak sumber yang mendukung 587, dan sebagian-amat-besar pakar menganggap 587 sebagai tahun yang "berterima", justru MP mengganggapnya tidak "berterima"
?

berarti sebenarnya definisi MP mengenai kata "berterima" adalah "data yang cocok dengan MP", bukan?


justru sanggahan "70 tahun" sangat penting, karena kalau MP salah paham mengenai tahun ini, maka semua perhitungnnya akan menjadi tidak sahih.
dalam Alkitab ada angka-angka kiasan, selayaknya tidak ditafsirkan secara hhurufiah.
saya tidak kritik Alkitab, saya hanya kritik MP.... untuk kasus Tirus, MP menganggap "70 tahun" di situ adalah kiasan, tetapi ketika sampai di kasus Yerusalem, berusaha sedapatnya untuk mengatakan bahwa ini adalah hurufiah dan tidak mungkin kiasan (walaupun harus 'berperang' melawan 'data berterima' dari sebagian besar pakar sejarah).

nb: saya belum bahas 539, karena banyak hal yang perlu dikomentari, saya jadi bingung mau komentari yang mana dulu.

melihat Sdr yang tidak sadar terhadap ketidakkonsistenan penafsiran dalam ajaran MP membuat saya ingin sharing lebih banyak dengan Sdr.

saksiyehuwa mengatakan...

dear Sdr. Anonym,

karena saya mengasihi beliau, saya ingin membagikan apa yang saya ketahui.

saksiyehuwa mengatakan...

Sdr. Anonym,

mohon komentarnya untuk http://www.saksiyehuwa.org/2011/12/pengutipan-tidak-jujur-untuk-mendukung.html

terima kasih, ya

Anonim mengatakan...

Anda belum menjawab pertanyaan ini;
jika 70 tahun bukan harfiah, bagaimana dengan ayat ini?

Ezra 1:1-4 ?
Ezra 3:1-5 ?
2 Tawarikh 36:21-23?
Daniel 9:2?

saya akan komentari tentang Tirus setelah anda dapat menjelaskan ayat-ayat di atas.

Ingat, pada akhirnya kebenaranlah yang akan membuktikan 587 SM akan mati.

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Brur,

kesemua ayat tersebut menyatakan angka "70 tahun"

saya menemukan ternyata hal yang menarik. walaupun penggunaan "70 tahun" tidak mutlak diterapkan secara harafiah (terhitung dari 586 hingga 539), namun dengan pendekatan berikut, "70 tahun" dapat dipahami secara harafiah.

nah bagaimana caranya? caranya adalah dengan terhitung dari 609-539.

(Yeremia 25:11) .... BANGSA-BANGSA ini harus melayani raja Babilon selama tujuh puluh tahun.”’

jadi, "70 tahun" diterapkan kepada babilon,bukannya diterapkan kepada lamanya orang Yahudi di penjajahan.

saya menantikan penjelasan Sdr tentang Tirus dan tentang http://www.saksiyehuwa.org/2011/12/pengutipan-tidak-jujur-untuk-mendukung.html

saksiyehuwa mengatakan...

"Ingat, pada akhirnya kebenaranlah yang akan membuktikan 587 SM akan mati."

terlalu dini untuk berkata seperti itu. mari kita diskusikan terlebih dahulu

Anonim mengatakan...

Jawaban Anda sangat menarik.
Dari sini saya dapat mengerti “sudut pandang Anda” tentang 70 tahun.
_ _ _____

Apakah 70 adalah angka Harfiah?

-70 tahun berlaku atas kehancuran Yehuda dan Yerusalem.

Yeremia 25:11 Maka SELURUH NEGERI ini akan menjadi tempat yang hancur, sesuatu yang mencengangkan…”

Yeremia 25:18 YERUSALEM dan kota-kota YEHUDA beserta raja-rajanya, para pembesarnya, agar semuanya itu menjadi tempat yang hancur, sesuatu yang mencengangkan, sasaran suitan dan laknat, seperti pada hari ini

Yeremia 25:29 Sebab, lihat! ke atas KOTA YANG ATASNYA NAMAKU DISEBUT, aku mulai mendatangkan malapetaka.

-70 tahun berlaku atas negeri yang akan “membayar lunas sabat-sabatnya”.

2 Tawarikh 36:20, 21 sampai negeri itu membayar lunas sabat-sabatnya. Selama dibiarkan telantar, negeri itu menjalankan sabat, sampai genap tujuh puluh tahun.

YANG ALKITAB KATAKAN : 70 TAHUN ADALAH ANGKA HARFIAH.
Karena jika tidak harfiah pernyataan di Ezra 1:1-4; Ezra 3:1-5;Daniel 9:2 saling bertentangan dengan ayat-ayat diatas dan ayat-ayat tersebut tidak akan ada artinya.

Jika ada yang menyatakan bahwa 70 tahun bukanlah angka harfiah berarti tidak selaras dengan Alkitab.

Dan terima tidak terima, mau tidak mau, bang Admin juga tentu akan menerima bahwa 70 tahun adalah angka Harfiah.
_ _ _ ___________
Bangsa-bangsa akan melayani Babilon selama 70 tahun.
Yeremia 25:11 “…bangsa-bangsa ini harus melayani raja Babilon selama tujuh puluh tahun.”’

_ _ ________
Kapan hal ini terjadi?
Yeremia 25:29 Sebab, lihat! ke atas kota yang atasnya namaku disebut, aku MULAI mendatangkan malapetaka.
Menurut ayat ini, bangsa-bangsa akan mulai melayani setelah Babilon menghancurkan Yerusalem.
Ingat bahwa Yerusalem adalah kota yang menjadi lambang kekuasaan Allah di bumi.(1 Tawarikh 29:23). Ketika Allah membiarkan Yerusalem dihancurkan, mulailah dominasi Babilon dan kuasa dunia setelahnya atas dunia ini.
Kota Tirus seperti yang dipermasalahkan oleh “saksiyehuwa” yang sebenarnya bukan Saksi Yehuwa ini (seperti pengakuannya sendiri) juga termasuk bangsa-bangsa yang akan minum cawan kemurkaan dari Yehuwa. (Yeremia 25:19-26).
_ _ ______________
bersambung ...

Anonim mengatakan...

Sekarang kita menggunakan “asumsi” bahwa Yerusalem dihancurkan tahun 607 SM.(walaupun kenyataan memang menunjukkan pada 607 SM)

Tirus minum “cawan kemurkaan Yehuwa” segera setelah Yerusalem dihancurkan.
mestinya : 607 SM – 70 SM = 537 SM
Namun kenyataannya tidak sampai 70 tahun ( 68 tahun saja) Karena Babilon memerintah sampai 539 SM saja.

Ini lah yang menjadi point permasalahannya sehingga Anda (admin) menyatakan bahwa
70 tahun adalah bukan angka harfiah.
_ _ _ _______
Maka apa yang di maksud 70 tahun bagi Tirus?
Nabi Yesaya akan membantu dalam hal ini.

Yesaya 23:15 Pasti terjadi pada hari itu bahwa Tirus AKAN DILUPAKAN selama tujuh puluh tahun, sama seperti umur seorang raja. Pada akhir dari tujuh puluh tahun itu, apa yang akan terjadi atas Tirus adalah seperti dalam nyanyian seorang pelacur,

Jadi Tirus tidak akan dihancurkan oleh orang Babilon, hanya diLUPAKAN. Artinya selama 70 tahun itu Tirus tidak akan dapat melakukan bisnis seperti sebelumnya.

Yesaya 23:16 ”Ambillah harpa, kelilingilah kota, hai, pelacur yang dilupakan. Mainkanlah alat-alat musik bersenar dengan sebaik-baiknya; nyanyikanlah banyak nyanyian, supaya engkau diingat.”

Gambaran Tirus yang tidak dapat menjalankan bisnis seperti pelacur yang dilupakan yang memainkan harpa untuk menarik ‘klien’nya.

Yesaya 23:17 Pasti terjadi pada AKHIR TUJUH PULUH TAHUN bahwa Yehuwa akan memalingkan perhatiannya kepada Tirus, dan ia akan kembali kepada KEADAANNYA SEBAGAI ORANG UPAHAN dan melakukan pelacuran dengan semua kerajaan di bumi di atas permukaan tanah.

Yesaya 23:18 KEUNTUNGAN dan upahnya akan menjadi sesuatu yang kudus BAGI Yehuwa. Itu tidak akan disimpan, ataupun ditimbun, karena upahnya adalah UNTUK MEREKA YANG TINGGAL DI HADAPAN Yehuwa, agar mereka makan sampai kenyang dan mempunyai baju yang bagus.

Pada 539 SM ketika babilon jatuh, Tirus sudah memulai usahanya. Namun keuntungan ini akan menjadi sesuatu yang kudus bagi Yehuwa. Tirus dapat menyuplai barang-barang utk umat Allah(Nehemia 13:16; Ezra 3:7)

Maka jelas sekali selama 70 tahun Tirus tidak dapat melakukan bisnisnya dan dari segi financial tidak mendapatkan keuntungan.

Itulah yang Alkitab katakan tentang Tirus.
_ _ _________
NAH CATATAN DI Ezra 3:7 menunjukkan periode waktu kurang lebih satu tahun setelah pemerintahan Kores yang pertama. (bandk Ezra 1:1-4) yaitu pada tahun 537 SM.
Jadi berdasarkan kronologi 607 SM sangat tepat sekali.
607 SM – 70 tahun = 537 SM


Namun bagaimana dengan 587 SM?
587 SM – 70 tahun = 517 SM (bertentangan dengan Ezra 1:1-4 Ezra 3:1-7).
587 SM – 50 tahun = 537 SM (bertentangann dengan Yeremia 25:11, 18, 2 Tawarikh 36:20, 21)
¬_ _ ________

Inilah tanda-tandanya, seperti yang saya katakana bahwa 587 SM AKAN MATI MELAWAN KEBENARAN !!
_ _ _______
Sekarang Anda mau bicara apa lagi?
Apakah “sedini” ini 587 SM bisa dikatakan Mati?Huft!! menyedihkan sekali, tapi Kenyataannya memang menunjukkan seperti itu.


Selamat melakukan apa yang Anda sebut sebagai “RISET”.
Walaupun saya menyebut dalam hal ini Anda tidak riset.

masih banyak hal yang menunjukkan bahwa 587 SM tidak berdasarkan Alkitab.

saksiyehuwa mengatakan...

1. semua ayat yang Sdr berikan sama sekali tidak dapat membuktikan bahwa angka tersebut adalah harafiah. pada ayat-ayat tersebut dikatakan kehancuran selama 70 tahun, tapi dengan mengetikkan semua isi ayat tidak dapat membuktikan bahwa ayat-ayat tersebut harafiah.

2. "Karena jika tidak harfiah pernyataan di Ezra 1:1-4; Ezra 3:1-5;Daniel 9:2 saling bertentangan dengan ayat-ayat diatas dan ayat-ayat tersebut tidak akan ada artinya."

pernyataan ini berputar, karena JUSTRU kita ingin membuktikan apakah ayat-ayat tersebut harafiah atau tidak.

3. ternyata ada pendekatan lain yang memungkinkan bahwa 70 adalah harafiah. tapi, tetap saja tidak akan cocok dengan perhitungan MP. perhitungan ini akan saya upload di pertengahan minggu depan (28 Desember 2011).

4. Sdr mengatakan "Jadi Tirus tidak akan dihancurkan oleh orang Babilon, hanya diLUPAKAN. Artinya selama 70 tahun itu Tirus tidak akan dapat melakukan bisnis seperti sebelumnya."

hanya menyangkut bisnis?

yang Sdr katakan jauh berbeda dengan apa yang dikatakan oleh MP. MP mengatakan bahwa 70 tahun itu menunjuk ketundukan Tirus di bawah Babilon. ini lebih dari sekedar segi finansial.

perbedaan besar antara Sdr dengan MP:
- Sdr: Tirus melewati 70 tahun
- MP: Tirus TIDAK melewati 70 tahun

"Memang, kota-pulau Tirus TIDAK berada di bawah kekuasaan Babilon selama 70 TAHUN PENUH, karena Imperium Babilonia jatuh pada tahun 539 SM. Tentu, ke-70 tahun itu menunjukkan periode kejayaan Babilonia—sewaktu dinasti Babilon membual telah mengangkat takhtanya bahkan di atas ”bintang-bintang Allah”. (Yesaya 14:13)" (ip-1 psl. 19 hlm. 253 par. 21)

saya bingung mana yang benar: Sdr atau MP.

5. saya menantikan komentar Sdr di tulisan saya di pertengahan minggu depan.

saksiyehuwa mengatakan...

kenapa Sdr selalu tidak mengomentari http://www.saksiyehuwa.org/2011/12/pengutipan-tidak-jujur-untuk-mendukung.html?

saksiyehuwa mengatakan...

untuk meringkas posisi yang saya pegang:
(1) kalau perhitungan dimulai dari 587-539 = "70 tahun" adalah kiasan
(2) kalau perhitungan dimulai dari 607-539= "70 tahun" adalah harafiah [tapi berbeda seperti yangSdr percayai]

pada mula diskusi ini, saya menggunakan posisi (1).
pada tulisan saya pertengahan minggu depan, saya akan menjelaskan pendekatan (2).

mohon komentarnya pada tulisan saya minggu depan.

Anonim mengatakan...

saya tunggu postingannya...
posisi sementara
607 SM = 1 point.
587 SM = 0 point.

Anonim mengatakan...

itulah yg saya tunggu-tunggu bahwa Anda mengatakan 70 thn harfiah...
lihat saja nanti bagaimana Anda membuatnya harfiah tapi tetap 587 SM.

Begitu kan maksudny?

siap-siap saja utk
kematian 587 SM.

Anonim mengatakan...

posting Anda tentang pengutipan yang tidak jujur, sebenarnya berangkat dr posting ini,
tentang 587 SM vs 607 SM.

mengapa saya tidak komentari?
krn jika mslh ini sudah beres, maka tentu itupun akan beres juga...

Anonim mengatakan...

angka 70 tahun adalah harfiah.
2 Raja 25:8, 25, 26 = awal pembinasaan yerusalem = awal 70 tahun

Ezra 1:1-4; Ezra 3:1-5 = akhir dari 70 tahun.

Daneil 9:2 katakan 70 tahun
Yeremia 25:11 katalan 70 tahun.

kurang harfiah apalagi?

tapi saya akan tunggu ketika Anda menyatakan 70 tahun adalah harfiah, namun masih mendukung 587 SM dan menyatakan salah 607 SM....

pertarungan 587 SM vs 607 SM rupanya masih berlangsung.

tapi pembaca blog ini tentu sudah dapat menilai mana yang benar mana yang salah.
mana yang berdasarkan Alkitab mana yang tidak.

saksiyehuwa mengatakan...

Dear Sdr.Anonym,

1. yang beberapa hari ini saya minta adlaah Sdr memberikan ayat yang mengajarkan bahwa "70 tahun" adalah harafiah. namun yang Sdr lakukan adalah mengutipkan sebanyak mungkin ayat yang meyebutkan "70 tahun".

ibaratnya begini:
A="buktikan kalau "144.000 adalah jumlah harafiah" (saya tidak sedang melihkan diskusi, hanya ambil contoh saja. Sdr tidak perlu membahas masalah ini).
B=ayat XXX, YYY, ZZZ menyebutkan bahwa orang yang ditebus dari bumi sejumlah 144.000. jadi 144.000 adalah harafiah

apakah pengambilan kesimpulan di atas sahih? menurut saya tidak, karena yang dilakukan B hanyalah mengutip sebanyak mungkin ayat yang memuat "144.000" tanpa membuktikan apakah itu adalah harafiah atau kiasan.

TAPI, saya mengerti bahwa ini sulit Sdr terima, makanya saya akan menggunakan pendekatan kedua, dengan cara menerima bahwa 70 adalah angkaa harafiah, namun Sdr akan melihat bahwa tetap saja tidak akan cocok dengan perhitungan Organisasi. saya akan menampilkan artikel tersebut di pertengahan minggu ini (seperti yang pernah saya janjikan minggu lalu)

2. tentang pengutipan yang tidak jujur, tidak ada hubungannya dengan diskusi kita perihal angka 70 ini. sama sekali tidak ada hubungannya.

pengutipan yang tidak jujur itu menunjukkan betapa Organisasi menggunakan para ahli untuk kelihatannya mendukung posisi MP, walaupun, tragisnya, para ahli tersebut sebenarnya bertentangan dengan MP.

3. sangatlah menarik pernyataan Sdr:

"posisi sementara
607 SM = 1 point.
587 SM = 0 point"

sedihnya, Sdr tidak dapat membuktikan ke-harafiahan angka "70". Sdr hanya mengutip sebanyak mungkin ayat yang memuat angka "70".

namun Sdr lupa bahwa Sdr belum menjawab mengenai:
- MP mengatakan "70 tahun" tidak berlaku literal bagi Tirus
- MP yang mengutip Christopher Walkins secara tidak jujur. Dia tidak sependapat dengan MP, namun MP mengutipnya seakan-akan ia sependapat dengan MP.

setidaknya, 587 sudah mendapati 2 poin dari ini :)

*just kidding

Anonim mengatakan...

Rupanya yang Anda maksud itu HA-RA-FI-AH....
Maksud saya HAR-FI-AH...

biar sampai keujung langit jg tidak bakal ketemu...

Coba Anda menggunakan tata bahasa yang baik dan benar....



Pendekatan apapun yg Anda lakukan hanya akan membuktikan bahwa tahun 607 SM adalah tahun yang benar sebagai tahun dihancurkannya Yerusalem...!!!



Dan sebenarnya nampak sekali bahwa Anda sedang mencoba utk melakukan "pendekatan" yg menunjukkan gagasan Anda sendiri (itupun jika Anda melakukan "riset" sendiri, bukan dg bantuan org2 di luar negeri sana yg mantan SY)

bukan suara Allah melalui Alkitab...

Anonim mengatakan...

Terlalu banyak anonim.
Terlalu banyak mempermasalahkan hal sepele.

Siapa pula itu yang jadi pembaca setia makanan tepat waktu dari budak yang setia dan bijaksana? Makanan basi dan tidak menyehatkan kenapa masih dibaca?

Dunia sangat luas, tapi kenapa pengikut sekte sesat dari New York ini selalu mengambil referensi dari literatur sendiri, dan memandang remeh dunia sekitar? Saya mau ini, coba periksa apa kata menara pengawal. Saya mau itu, coba tanya dulu ke penatua.

Para katak dalam tempurung selalu merasa dirinya melihat lebih, mengerti lebih dan berusaha menyebarkan kepicikannya.

saksiyehuwa mengatakan...

1.maaf, bahasa Indonesia saya tidak sebaik Sdr. saya minta maaf jika Sdr tidak mengerti apa itu kata "harafiah" yang salah saya ketik selama ini.
2.dan dengan cara yang sama "nampak sekali Menara Pengawal sedang mencoba untuk melakukan "pendekatan" yang menunjukkan gagasannya sendiri, bukan dengan suara Allah melalui Alkitab...." ada riset yang saya lakukan sendiri, dan ada riset yang saya lakukan dengan mengembangkan riset orang lain. apakah Sdr takut dengan mantan SY?